Efektivitas Media Pembelajaran Bell Ajar Pada Mata Pelajaran Front Office terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMKN 30 Jakarta (Penelitian pada Mahasiswa Semester IX Tahun Akademik 2023/2024 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik)

Jessica Huntong, . (2024) Efektivitas Media Pembelajaran Bell Ajar Pada Mata Pelajaran Front Office terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMKN 30 Jakarta (Penelitian pada Mahasiswa Semester IX Tahun Akademik 2023/2024 Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (908kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (909kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (906kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (907kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (908kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas media Bell Ajar pada mata pelajaran front office terhadap hasil belajar peserta didik SMKN 30 Jakarta. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian nonequivalent control group design menggunakan instrumen pretest dan posttest sebanyak 41 butir pertanyaan. Pengambilan data ini dilaksanakan di SMKN 30 Jakarta pada Desember 2023 dengan melibatkan 72 peserta didik kelas XI jurusan Akomodasi Perhotelan sebagai responden. Perlakuan penggunaan media pembelajaran Bell Ajar diberikan pada kelas eksperimen dan perlakuan penggunaan media konvensional diberikan pada kelas kontrol. Dalam pengujian hipotesis penelitian ini dilakukan uji hipotesis inferensial dan uji hipotesis deskriptif dengan menggunakan uji gain ternormalisasi (N-gain) dan uji-t. Berdasarkan hasil uji gain ternormalisasi kelompok kelas eksperimen ditemukan rata-rata skor sebesar 34% setelah diberikan perlakuan dan peningkatan kelompok kelas kontrol ditemukan rata-rata skor sebesar 38% setelah diberikan perlakuan. Selanjutnya, hasil perhitungan uji-t menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan signifikan antara hasil belajar kelas eksperimen dengan menggunakan media Bell Ajar dan kelas kontrol dengan menggunakan media konvensional. **** This study aims to find out the effectiveness of Bell Ajar media for front office subjects against the learning outcomes of students of SMKN 30 Jakarta. The research method used in this study is quasi-experimental with nonequivalent control group design using pretest and posttest instruments of 41 questions. This data collection was carried out at SMKN 30 Jakarta in December 2023 involving 72 students in class XI of Hospitality Accommodation as respondents. Bell Ajar media teaching treatment used is given in the experimental class and the conventional media use treatment is given at the control class. In the test of the hypothesis of the study, inferential and descriptive hypotheses were tested using normalized gain test (N-gain) and t test. Based on the results of the normalization gain test, the experimental class group found an average score of 34% after providing treatment and the improvement group of the control class found a mean score of 38% after providing treatment. Further, the t test calculations showed that there was no significant difference between the learning results of the experimental class using the Bell Ajar media and the control class using conventional media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes. ; 2) Prastiti Laras Nugraheni, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknologi (umum) > Teknologi Pendidikan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 21464 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 00:57
Last Modified: 30 Jan 2024 00:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43671

Actions (login required)

View Item View Item