EVALUASI PROGRAM PENGKAJIAN BUDAYA PAPUA DAN MODERNISASI (PBPM) DI SEKOLAH ANAK INDONESIA SENTUL BOGOR (MODEL EVALUASI CIPP)

EDMUNDUS BAWOR, . (2024) EVALUASI PROGRAM PENGKAJIAN BUDAYA PAPUA DAN MODERNISASI (PBPM) DI SEKOLAH ANAK INDONESIA SENTUL BOGOR (MODEL EVALUASI CIPP). Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (885kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (795kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (613kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (463kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (434kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

“Evaluasi Program Pengkajian dan Modernisasi Budaya Papua Di Sekolah Anak Indonesia Sentul Bogor adalah program yang di rancang oleh Yayasan Alirena untuk meningkatkan mutu lulusan siswa/i Sekolah Anak Indonesia (SAI) Sentul Bogor. Hasil penelitin ini bertujuan untuk mengevaluasi program Evaluasi Program Pengkajian dan Modernisasi Budaya Papua Di Sekolah Anak Indonesia Sentul Bogor yang terkait dengan peningkatan mutu lulusan di Sekolah Anak Indonesia (SAI). Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif evaluatif yang menggunakan teknik pengumpulan data berupa; observasi, wawancara, dan studi dokumentasi dengan menggunakan metode CIPP yang digunakan peneliti untuk menggambarkan dan menjelaskan tentang evaluasi program, Evaluasi Program Pengkajian Dan Modernisasi Budaya Papua Di Sekolah Anak Indonesia Sentul Bogor verifikasi kesimpulan. Temuan hasil penelitian mengungkapkan bahwa Evaluasi Program Pengkajian Dan Modernisasi Budaya Papua Di Sekolah Anak Indonesia Sentul Bogor merupakan sebuah model pendidikan berbasis budaya dan modernisasi yang kontekstual dimana telah berdampak pada kualitas mutu lulusan di Sekolah Anak Indonesia (SAI) sehingga siswa/i mampu menguasai ilmu pengetahuan teknologi, entrepreneur, dan ekspert kampung dengan menggunakan metode pembelajaran Matematika Bahasa, Komputer (MBK) skill based. Program (PBPM) juga telah berhasil meluluskan siswa/i asal Papua dengan prestasi yang sangat memuaskan, dan alumni SAI telah tersebar di berbagai universitas negeri maupun swasta di Indonesia. Dengan demikian, dapat di simpulkan bahwa Evaluasi Program Pengkajian Budaya Papua dan Modernisasi (PBPM) sangat berdampak pada mutu lulusan siswa/i di sekolah anak Indonesia, dan telah meluluskan siswa/i yang berkualitas baik dan telah tersebar universitas negeri maupun swasta dengan prestasi yang sangat baik dari segi akademik maupun non-akademik. ***** Evaluation of the Papuan Cultural Studies and Modernization Program (PBPM) is a program designed by the Alirena Foundation to improve the quality of graduates of Sekolah Anak Indonesia (SAI) Sentul Bogor. This research aims to evaluate the Papuan Cultural Studies and Modernization (PBPM) program related to improving the quality of graduates at Sekolah Anak Indonesia (SAI). Researchers use an evaluative descriptive qualitative approach that uses data collection techniques in the form of; observation, interviews, and documentation studies using the CIPP method used by researchers to describe and explain the evaluation of the PBPM program, verifying conclusions. The findings of the research reveal that the Papuan Cultural Assessment Program (PBPM) is a model of culture-based education and contextual modernization which has an impact on the quality of the quality of graduates at Sekolah Anak Indonesia (SAI) so that students are able to master technological science, entrepreneurs, and village experts by using skill-based learning methods Mathematics Language, Computer (MBK). The PBPM program has also succeeded in graduating students from Papua with very satisfying achievements, and SAI alumni have spread to various state and private universities in Indonesia. Thus, it can be concluded that the Papuan Culture and Modernization Study Program (PBPM) has a great impact on the quality of student graduates in Indonesian children's schools, and has graduated good quality students and has spread to public and private universities with excellent achievements in terms of academic and non-academic.

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Masduki Ahmad, S.H., M.M. ; 2). Dr. Desi Rahmawati, M.Pd.
Subjects: Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: PASCASARJANA > S2 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Edmundus Bawor .
Date Deposited: 30 Jan 2024 01:14
Last Modified: 30 Jan 2024 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43681

Actions (login required)

View Item View Item