PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS WEBSITE PADA MATA KULIAH STEWARDING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (PENELITIAN PADA MAHASISWA SEMESTER IX TAHUN AKADEMIK 2023/2024 JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA)

DEWI FIRLIYANTI, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN PRAKTIKUM BERBASIS WEBSITE PADA MATA KULIAH STEWARDING DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA (PENELITIAN PADA MAHASISWA SEMESTER IX TAHUN AKADEMIK 2023/2024 JURUSAN PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA FAKULTAS TEKNIK UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (163kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (231kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (966kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (237kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran praktikum yaitu, form inventory, form peminjaman, dan form pengembalian berbasis website, mahasiswa di Konsentrasi Akomodasi Perhotelan, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Jakarta. Stewarding learning berbasis website menjadi media pembelajaran yang adaptif dalam mengatasi permasalahan tersebut. Penelitian ini dilakukan di Universitas Negeri Jakarta terhitung sejak bulan Maret hingga November 2023. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ASSURE. Sasaran produk yang dikembangkan yaitu mahasiswa Konsentrasi Akomodasi Perhotelan, Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Negeri Jakarta yang sedang menjalani mata kuliah stewarding. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran angket/kuesioner dengan bantuan likert scale yang kemudian dianalisis menggunakan metode kuantitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa stewarding Learning menjadi platform pembelajaran yang dapat mengoptimalkan pengalaman pembelajaran mahasiswa dan memberikan dampak positif dalam persiapan mahasiswa menghadapi dunia industri. Hal tersebut didukung dengan hasil uji validasi ahli materi sebesar 100% yang menandakan kategori "Sangat Layak", hasil uji validasi pertama oleh ahli media sebesar 95,4%, hasil uji hasil validasi kedua ahli media sebesar 100% yang menandakan kategori "Sangat Layak", uji kelayakan website pada kelompok kecil sebesar 92% yang termasuk dalam kategori "Sangat Layak". Serta uji efektivitas penggunaan website diolah menggunakan uji wilcoxon dan didapatkan hasil bahwa terjadi keefektifan pembelajaran setelah menggunakan media berbasis website. ***** This study aims to develop practical laboratory learning media, namely inventory forms, borrowing forms, and return forms, based on a website for students in the Concentration of Accommodation for Hotels, Department of Family Welfare Education, Universitas Negeri Jakarta. Stewarding Learning, a website-based learning platform, serves as an adaptive solution to address these issues. The research was conducted at Universitas Negeri Jakarta from March to November 2023. The research method employed in this study is the Research and Development (R&D) approach using the ASSURE development model. The target product audience is students in the Concentration of Accommodation for Hotels, Department of Family Welfare Education, Universitas Negeri Jakarta, who are currently enrolled in the stewarding course. Data collection was done through the distribution of questionnaires using Likert scale and analyzed using quantitative descriptive methods.The research results indicate that Stewarding Learning has become a learning platform that optimizes students' learning experiences and has a positive impact on preparing students for the industrial world. This is supported by the validation results from content experts at 100%, indicating a "very eligible" category. The first validation test by media experts resulted in 95.4%, and the second validation test achieved 100%, both falling into the "very eligible" category. The website's eligible test in a small group yielded 92%, categorizing it as "very eligible." Additionally, the effectiveness of website usage was assessed through wilcoxon tests, revealing increased effectiveness in learning after implementing the website-based media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Nurlaila Abdullah Mashabi, M.Kes. ; 2). Dr. Shinta Doriza, M.Pd., M.S.E.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FT > S1 Pendidikan Kesejahteraan Keluarga
Depositing User: Users 21446 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 02:00
Last Modified: 30 Jan 2024 02:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43689

Actions (login required)

View Item View Item