HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (STUDI KORELASI DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI ARAB SAUDI)

ANA SILVIA BASARI, . (2024) HUBUNGAN ANTARA PEMAHAMAN KONSEP NILAI-NILAI PANCASILA PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DENGAN SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR (STUDI KORELASI DI SEKOLAH INDONESIA LUAR NEGERI ARAB SAUDI). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (733kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (331kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (370kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (564kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (420kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (172kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (294kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (911kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan sikap nasionalisme siswa kelas V Sekolah Dasar di sekolah Indonesia luar negeri Arab Saudi. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu pada kelas V SD Sekolah Indonesia Jeddah sebanyak 98 siswa. Penelitian dilakukan menggunakan metode kuantitatif. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen tes berupa soal pilihan ganda dan non tes berupa kuesioner. Berdasarkan perhitungan uji korelasi product diperoleh r sebesar 0,617 dan uji-t diperoleh hasil thitung > ttabel (7,674 > 1,985). Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dengan sikap nasionalisme dan tingkat derajat korelasi kuat. Perhitungan koefisien determinasi diperoleh sebesar 38% artinya sikap nasionalisme ditentukan oleh pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila sebesar 38% selebihnya 62% ditentukan oleh faktor lain. Oleh sebab itu, pemahaman konsep nilai-nilai Pancasila perlu ditanamkan sejak dini guna meningkatkan sikap nasionalisme siswa. ***** This study aims to determine the relationship between understanding concept of Pancasila values in Pancasila education subjects and nationalism attitude at Indonesian School Abroad of Saudi Arabia. Sampling used a purposive sampling technique, which are class V of Jeddah Indonesian Elementary School with 98 students. The research was conducted by quantitative methods. The data was collected using test instruments in the form of multiple choice questions and non-test in the form of a questionnaire. Based on the calculation of the product moment r value is 0.617 and the t-test results are tcount > ttable (7,674 > 1,985). These results indicate that there is a relationship between understanding concept of Pancasila values in Pancasila education subjects and nationalism attitude and the degree of correlation is moderate. Calculation of the coefficient of determination obtained by 38% means that nasionalism attitude are determined by understanding concept of Pancasila values by 38%, the remaining 62% is determined by other factors. Therefore, Understanding Pancasila values to be instilled from an early age in order to improve nasionalism attitude for students.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Otib Satibi Hidayat, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Edwita, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21387 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 04:24
Last Modified: 30 Jan 2024 04:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43783

Actions (login required)

View Item View Item