PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER TERHADAP HASIL BELAJARPESERTA DIDIK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS XI SMAN 58 JAKARTA

YOHANNA, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN BAHAN AJAR E-MODUL BERBASIS FLIPBOOK MAKER TERHADAP HASIL BELAJARPESERTA DIDIK PADA MATERI KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA KELAS XI SMAN 58 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (678kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (74kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (247kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (61kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (181kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Pada masa teknologi canggih seperti saat ini, guru dituntut untuk mengikuti perkembangan zaman, mengajar menggunakan media elektronik dan sebagainya. Pada penelitian ini menggunakan e-modul berbasis flipbook maker untuk e-modul bahan ajar, selain sudah mengikuti zaman e-modul flipbook maker juga mudah diakses dan praktis tidak memerlukan koneksi internet jika sudah di download sebelumnya. Maka penelitian ini akan membahas apakah terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar elektronik modul terhadap hasil belajar siswa. Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh nya terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian pra-eksperimental dengan menggunakan satu kelas saja, yaitu kelas eksperimen dengan model desain One Group Pretest-Posttest Design, menggunakan analisis data kuantitatif. Pada hasil penelitian uji validitas instrumen soal sudah valid semua hasil berada diatas nilai r tabel 0,361. Kemudian uji reliabilitas instrumen menunjukan hasil nilai cronbach's alpha, yang tinggi dan sangat tinggi, serta hasil data pretest dan posttest menunjukan kenaikan yang signifikan. Selanjutnya menguji hipotesis penelitian menggunakan uji paired sample T-Test, hasil yang didapat bahwa nilai Sig lebih kecil dari nilai rujukan maka h0 ditolak dan ha diterima. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis pengolahan data yang telah dilakukan dapat terlihat bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap hasil belajar siswa setelah diberikan perlakuan yang berbeda atau treatment di kelas. Hasil belajar berada pada taraf cuku, baik dan sangat baik. Pada hasil rata -rata uji posttest lebih tinggi dibandingkan uji pretest diawal. Selisih nilai awal dan akhir cukup signifikan, yang menunjukan adanya peningkatan. Setelah dilakukannya uji paired sample T-test kesimpulan nya terdapat pengaruh penggunaan bahan ajar e-modul berbasis flipbook maker terhadap hasil belajar peserta didik kelas XI di SMAN 58 Jakarta. **** In the era of advanced technology like today, teachers are required to keep up with the times, teaching using electronic media, and so on. This research utilizes an e-module based on a flipbook maker for instructional material. Besides keeping up with the times, the e-module flipbook maker is also easily accessible and practical, requiring no internet connection once downloaded. Therefore, this research aims to explore whether the use of electronic module instructional materials has an impact on student learning outcomes. The study aims to determine the extent of its influence on student learning outcomes.The research method employed is a pre-experimental design using only one class, specifically the experimental class with a One Group Pretest-Posttest Design model, using quantitative data analysis. The results of the instrument validity test indicate that all scores are above the table value of 0.361. Furthermore, the instrument's reliability test shows a high Cronbach's alpha value, and the pretest and posttest data demonstrate a significant increase.The research hypothesis is then tested using a paired sample T-Test. The results show that the Sig value is smaller than the reference value, leading to the rejection of the null hypothesis (H0) and acceptance of the alternative hypothesis (Ha). Based on the research findings and data analysis, it is evident that there is a significant difference in student learning outcomes after receiving different treatments in the class. The learning outcomes are at a sufficient, good, and very good level. The average posttest score is higher than the pretest score at the beginning, indicating a significant improvement. After conducting the paired sample T-test, the conclusion is that there is an influence of using e-module instructional materials based on a flipbook maker on the learning outcomes of 11th-grade students at SMAN 58 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Sucahyanto, M.Si. ; 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 21032 not found.
Date Deposited: 30 Jan 2024 06:18
Last Modified: 30 Jan 2024 06:18
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/43787

Actions (login required)

View Item View Item