PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK PERKANTORAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING

MARSOFIYATI, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PRAKTIK PERKANTORAN BERBASIS COLLABORATIVE LEARNING. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (760kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (269kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (311kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini merespons inisiatif "Link and Match" Dirjen Pendidikan Vokasi dengan fokus pada delapan standar untuk meningkatkan kualitas pendidikan vokasi, termasuk integrasi soft skill, hard skill, pembelajaran proyek, peran dosen dan praktisi industri, magang, sertifikasi kompetensi, pelatihan dosen, penelitian terapan, dan keterlibatan industri.Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan, menganalisis kelayakan, dan mengevaluasi efektivitas model pembelajaran mata kuliah Praktik Perkantoran berbasis Collaborative Learning. Menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model Borg and Gall, Dick & Carey, Reid Collaborative Learning, dan multimedia-LMS Owen. Penelitian ini melibatkan evaluasi formatif one-to-one expert, one-to-one user (tiga mahasiswa), small group (sembilan mahasiswa), dan field trial (20 mahasiswa), menunjukkan bahwa model ini layak digunakan. Analisis Efektivitas Model Pembelajaran Praktik Perkantoran Berbasis Collaborative Learning menunjukkan kelayakan positif dengan peningkatan tingkat ketuntasan mahasiswa dari 49,75% menjadi 87,95% pada post-test, meningkat 38,20%. Uji-t menunjukkan keefektifan model collaborative learning dalam meningkatkan pengetahuan dan keterampilan mahasiswa pada mata kuliah Praktik Perkantoran. Dengan t-hitung > t-tabel (7,490 > 2,093 untuk pengetahuan dan 9,943 > 2,093 untuk keterampilan), dapat disimpulkan bahwa model ini efektif meningkatkan aspek pengetahuan dan keterampilan. Rekomendasi meliputi pengembangan teori collaborative learning, implementasi modul interaktif, penguatan kerja sama industri, variasi penilaian, monitoring berkelanjutan, dan peningkatan infrastruktur teknologi. Model ini diharapkan terus berkembang, memberikan manfaat dalam pembelajaran Praktik Perkantoran, dan menjadi kontribusi berharga dalam konteks pendidikan vokasi. Kata kunci: Collaborative Learning, Learning Management System, Pengembangan Model, Praktik Perkantoran, Sinergi Akademik-Industri.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd ; 2). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 21530 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:14
Last Modified: 02 Feb 2024 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44024

Actions (login required)

View Item View Item