SULTHON KHOIRUL ILMI AMALI, . (2024) MENINGKATKANKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN OTOMOTIF PADA MATA PELAJARAN PEMELIHARAAN SASIS DAN PEMINDAH TENAGA KENDARAAN RINGAN DENGAN MEDIA VIDEO PEMBELAJARAN DI SMK DINAMIKA PEMBANGUNAN 1 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (247kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (275kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (440kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (122kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sulthon Khoirul Ilmi Amali dengan NIM 1502619003. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif Pada Mata Pelajaran Pemeliharaan Sasis Dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan Dengan Media Video Pembelajaran Di SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta, 2023. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana peningkatan motivasi dan hasil belajar siswa dari implementasi media video pembelajara pada pada mata pelajaran pemeliharaan sasis dan pemindah tenaga kendaraan ringan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (Action Research Classrom). Model PTK yang digunakan dalam penelitian ini adalah model Kemmis-Mc. Taggart (1988). Model tersebut membagi satu siklus prosedur penelitian tindakan kelas menjadi empat tahap yaitu tahap rencana (planning), tindakan (acting), observasi (observing), dan releksi (reflection) (Trianto, 2011: 13). Subjek penelitian ini Siswa Kelas XI Teknik Kendaraan Ringan Otomotif SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta sebanyak 30 peserta didik. Pengambilan data penelitian melalui tes tertulis dengan instrumen penelitian berupa: soal tes. Berdasarkan hasil analisis data lembar soal tes terjadi peningkatan terhadap hasil belajar peserta didik. Implementasi media video pembelajaran efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan media video pembelajaran dalam pembelajaran Pemeliharaan Sasis dan Pemindah Tenaga Kendaraan Ringan dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini berdasarkan peningkatan skor rata-rata hasil belajar menunjukkan peningkatan yang signifikan dalam pencapaian hasil belajar. Skor rata-rata hasil belajar pada siklus I mencapai 84,2 dan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 91,36, melampaui indikator keberhasilan yang ditetapkan sebesar 85. Sulthon Khoirul Ilmi Amali with NIM 1502619003. Improving Learning Outcomes of Class XI Automotive Light Vehicle Engineering Students in the Maintenance of Chassis and Light Vehicle Power Transfer Subjects with Learning Video Media at SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta. Thesis. Jakarta: Mechanical Engineering Education Study Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta, 2023. The purpose of this study was to determine how to increase student motivation and learning outcomes from the implementation of learning video media in the subject of chassis maintenance and light vehicle power transfer. The type of research used is class action research (Action Research Classrom). The PTK model used in this research is the Kemmis-Mc. Taggart model (1988). The model divides one cycle of classroom action research procedures into four stages, namely the planning stage, action (acting), observation (observing), and reflection (Trianto, 2011: 13). The subject of this research is Class XI Automotive Light Vehicle Engineering Students of SMK Dinamika Pembangunan 1 Jakarta as many as 30 students. Research data collection through written tests with research instruments in the form of: test questions. Based on the results of data analysis of the test question sheet, there was an increase in student learning outcomes. The implementation of learning video media is effectively used to improve student learning outcomes. The results showed that the application of learning video media in learning Maintenance of Chassis and Power Transfer of Light Vehicles can improve student learning outcomes. This is based on the increase in the average score of learning outcomes showing a significant increase in the achievement of learning outcomes. The average score of learning outcomes in cycle I reached 84.2 and in cycle II increased to 91.36, exceeding the success indicator set at 85.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Syaripuddin, M.Pd. 2). Drs. Adi Tri Tyassmadi, M.Pd. |
Subjects: | Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan Pendidikan > Media Pembelajaran |
Divisions: | FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin |
Depositing User: | Users 21621 not found. |
Date Deposited: | 01 Feb 2024 00:50 |
Last Modified: | 01 Feb 2024 00:50 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44047 |
Actions (login required)
View Item |