PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD MENGGUNAKAN E-MODUL

FERDINANDUS ARIFIN SULAIMAN, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MATA KULIAH PERENCANAAN PEMBELAJARAN PAUD MENGGUNAKAN E-MODUL. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf.pdf

Download (882kB)
[img] Text
BAB 1.pdf.pdf

Download (312kB)
[img] Text
BAB 2.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (619kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (141kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf.pdf

Download (222kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kemampuan profesionalisme guru sangat menentukan keberhasilan proses pembelajaran. Salah satu kemampuan profesionalisme tersebut adalah merencanakan pembelajaran. Fokus penelitian ini adalah pengembangan model pembelajaran menggunakan E-modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD. Tujuan penelitian ini adalah mengembangkan model pembelajaran menggunakan E-Modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD di Program Studi PG PAUD STKIP Citra Bakti Ngada. Instrumen pengembangan model dinilai oleh ahli instrumen. Hasil validasi ahli desain pembelajaran, ahli media pembelajaran, dan ahli materi pembelajaran secara berturut-turut mengkonfirmasi bahwa model yang dikembangkan ‘sangat layak’ digunakan dengan persentase kelayakan model mencapai 90 %; ‘layak’ digunakan dengan persentase kelayakan mencapai 78 %, dan ‘sangat layak’ digunakan dengan persentase kelayakan mencapai 88 %. Setelah proses validasi dikonfirmasi, maka dilakukan uji coba pada 3 tahapan. Hasil penilaian terhadap produk penelitian dalam uji coba one-to-one yang melibatkan 3 mahasiswa mencapai 98 % tingkat kelayakannya, pada uji coba tahap 2 yang melibatkan 14 mahasiswa mencapai 92 % tingkat kelayakannya, dan pada uji coba lapangan yang melibatkan 50 mahasiswa mencapai 97 % tingkat kelayakannya dengan aspek-aspek penilaian berupa tampilan e-modul, pendahuluan, uraian materi, ketersediaan tugas dan evaluasi, rangkuman, dan manfaat bagi mahasiswa. Hasil dari penelitian adalah model konseptual, model prosedural, dan model fisikal berbasis model Dick & Carey dipadukan dengan model Hannafin & Peck yang layak digunakan dalam proses pembelajaran mata kuliah Perencanaan Pembelajaran PAUD di perguruan tinggi. Sedangkan efektivitas penggunaan produk penelitian ini disimpulkan efektif. Data pada uji t menunjukkan bahwa sig. (2-tailed)-nya adalah 0.000 yang lebih kecil dari 0.05 (0.000<0.05) yang berarti bahwa terdapat perbedaan antara hasil pre-test dan post-test dalam menggunakan modul elektronik pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD. Selanjutnya untuk nilai t-hitung 12.330, kemudian untuk t tabel dengan df 45 adalah 2.014103. Maka dapat dilihat bahwa t hitung 12.330> 2.014103 t- tabel, sehingga dapat disimpulkan ada perbedaan yang signifikan dari hasil pre-test sebelum implementasi model dengan hasil post-test setelah implementasi model pengembangan menggunakan e-modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD. Data di atas menunjukkan bahwa implementasi model pengembangan menggunakan e-modul pada mata kuliah perencanaan pembelajaran PAUD di program studi PG PAUD STKIP Citra Bakti Ngada efektif. Kata Kunci : Model Pembelajaran, E-Modul, Pendidikan Anak Usia Dini The ability of teacher professionalism greatly determines the success of the learning process. One of these professional skills is planning lessons. The focus of this research is the development of learning models using E-modules in Early Childhood Educatio (ECE) learning planning courses. The purpose of this study was to develop a learning model using E-Modules in the ECE learning planning course at STKIP Citra Bakti Ngada. Model development instruments were assessed by instrument experts. The validation results of learning design experts, learning media experts, and learning material experts confirm that the developed model is very worth it' is used with the feasibility percentage of the model reaching 90%; 'worthy' is used with a feasibility percentage of 78%, and 'very worthy’ is used with a feasibility percentage reaching 88%. After the validation process is confirmed, trials are carried out in 3 stages. The results of the assessment of the research product in the one-to-one trial involving 3 students reached a 98% eligibility level, in the second phase trial involving 14 students it reached a 92% eligibility level, and in the field trial involving 50 students achieve 97 % the level of feasibility with aspects of the assessment in the form of e-module displays, introductions, material descriptions, assignment availability and evaluation, summaries, and benefits for students. The results of the research are conceptual models, procedural models, and physical models based on the Dick & Carey model combined with the Hannafin & Peck model which are suitable for use in the learning process of ECE Learning Planning courses in college. While the effectiveness of using this research product is concluded to be effective. Data on testt shows that sig. (2-tailed) is 0.000 which is smaller than 0.05 (0.000<0.05) which means that there is a difference between the resultspre-test andpost-test in using electronic modules in PAUD learning planning courses. Next for valuet-count 12330, then for t table withdf 45 is 2.014103. Then it can be seen that t count 12.330> 2.014103t table, so it can be concluded that there is a significant difference in the results of pre-test before model implementation with the results of post-test after implementing the development model using e-modules in the ECE learning planning course. The data above shows that the implementation of the development model using e-modules in the ECE learning planning course at STKIP Citra Bakti Ngada is effective. Keywords : Instructional Model, E-module, Early Childhood Education

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Suyitno Muslim, M.Pd 2). Prof. Dr. Robinson Situmorang, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: PASCASARJANA > S3 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 21535 not found.
Date Deposited: 01 Feb 2024 06:12
Last Modified: 01 Feb 2024 06:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44080

Actions (login required)

View Item View Item