PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAGI PENGELOLA DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT LAMPU BACA JAKARTA TIMUR

ASA AFLAKHA ZAHROTUNNISA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PENGETAHUAN BAGI PENGELOLA DI TAMAN BACAAN MASYARAKAT LAMPU BACA JAKARTA TIMUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (867kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (255kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (455kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (236kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (297kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian dan pengembangan media pembelajaran ini dilakukan untuk menghasilkan produk berupa E-Modul yang dapat digunakan oleh pengelola Taman Bacaan Masyarakat Lampu Baca. Sampel pada penelitian ini adalah para pengelola Taman Bacaan Masyarakat Lampu Baca. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dan metode Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang memiliki enam tahapan yaitu konsep, perencanaan, pengumpulan materi, pembuatan, pengujian, dan distribusi. Pengumpulan data pada penelitian ini dilakukan dengan cara observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan du acara yaitu Alpha Testing dan Beta Testing. Alpha Testing adalah uji coba yang dilakukan oleh ahli materi dan ahli media. Kemudian, Beta Testing adalah uji coba yang dilakukan oleh responden. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli media, media pembelajaran yang dikembangkan termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,9 dan persentasi kualitas media 97%. Kemudian, Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh ahli materi, materi yang ada termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,9 dan persentase kualitas media 86%. Selanjutnya, Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan oleh responden, media pembelajaran ini termasuk ke dalam kategori sangat layak dengan rata-rata skor keseluruhan aspek 4,4 dan persentasi kualitas media 89,3%. Berdasarkan data yang ada, media pembelajaran ini sangat layak digunakan untuk mendukung kegiatan pembelajaran bagi pengelola Taman Bacaan Masyarakat Lampu Baca. ***** Research and development of learning media was carried out to produce products in the form of E-Modules that can be used by Community Reading Staff. The samples in this research were the staff’s of the Lampu Baca Community Reading. This research uses a Research and Development (R&D) approach and the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) method which has six stages, namely concept, planning, material collection, creation, testing and distribution. Data collection was carried out by means of observation, interviews, questionnaires, and documentation. Data analysis was carried out using two methods, namely Alpha Testing and Beta Testing. Alpha Testing is a trial carried out by material experts and media experts. Then, Beta Testing is a trial carried out by respondents. Based on the validation results carried out by media experts, the learning media developed is included in the very feasible category with an average overall score of 4.9 and a media quality percentage of 97%. Then, based on the validation results carried out by material experts, the existing material is included in the very appropriate category with an average overall aspect score of 4.9 and a media quality percentage of 86%. Furthermore, based on the validation results carried out by respondents, this learning media is included in the very feasible category with an average overall aspect score of 4.4 and a media quality percentage of 89.3%. Based on existing data, this learning media is very suitable to be used to support learning activities for the staff’s of the Lampu Reading Community Reading.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henny Herawaty BR.Dalimunthe, M.Pd. ; 2). Prof. Dr. Durotul Yatimah, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21430 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 00:30
Last Modified: 02 Feb 2024 00:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44107

Actions (login required)

View Item View Item