PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE MATA KULIAH PEMINDAHAN TANAH MEKANIS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA

WILDAN PUTRANTO, . (2024) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-MODULE MATA KULIAH PEMINDAHAN TANAH MEKANIS PADA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (368kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (693kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (286kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan bahan ajar berbasis E-Module pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis di Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan yang dapat mempermudah mahasiswa dalam memahami materi pelajaran dan dapat membantu dosen dalam menyampaikan materi perkuliahan. Penelitian ini menggunakan metode riset dan pengembangan (R&D) dengan model pengembangan 4D. (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. Alat pengujian kelayakan pada penelitian ini menggunakan kuisioner yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Hasil dari pengembangan berupa modul elektronik Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis dengan format akhir .pdf.. Materi pada modul elektronik ini terdiri dari alat berat konstruksi, produktivitas alat berat dump truck dan excavator, serta metode galian dan timbunan. Hasil validasi oleh ahli materi mendapatkan rata-rata persentase sebesar 95,65% dengan kategori “Sangat Layak” dan hasil validasi oleh ahli media mendapatkan rata-rata persentase sebesar 91,35% dengan kategori “Sangat Layak”. Hasil analisis peningkatan hasil belajar dengan pengujian terbatas yang dihitung dengan menggunakan Software SPSS didapatkan nilai rata-rata Pre-Test sebesar 47.467 dan Post-Test sebesar 88.267. Berdasarkan tabel paired sample test dengan rata-rata nilai Pre-Test dan Post-Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) 0,000 < 0,005 yang berarti terdapat pengaruh yang signifikan terhadap peningkatan hasil belajar mahasiswa setelah mempelajari E-module. Berdasarkan data hasil kelayakan dan analisis peningkatan hasil belajar dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis modul elektronik pada Mata Kuliah Pemindahan Tanah Mekanis telah layak digunakan untuk pembelajaran. Kata Kunci : Alat Berat, E-Modul, Galian dan Timbunan, Pemindahan Tanah Mekanis This research is research into the development of E-Module based teaching materials for the Mechanical Earthmoving Course in the Building Engineering Education Study Program which can make it easier for students to understand the subject matter and can help lecturers in delivering lecture material. This research uses research and development (R&D) methods with a 4D development model. (1) Define, (2) Design, (3) Development, (4) Disseminate. The feasibility testing tool in this research uses a questionnaire given to material experts and media experts. The result of the development is an electronic module for the Mechanical Earthmoving Course with the final format .pdf. The material in this electronic module consists of heavy construction equipment, the productivity of dump trucks and excavators, as well as excavation and embankment methods. The validation results by material experts obtained an average percentage of 95.65% in the "Very Eligible" category and the validation results by media experts obtained an average percentage of 91.35% in the "Very Eligible" category. The results of the analysis of improving learning outcomes with limited testing calculated using SPSS software showed an average Pre-Test score of 47,467 and Post-Test of 88,267. Based on the paired sample test table with the average Pre-Test and Post-Test values, the Sig value is obtained. (2-tailed) 0.000 < 0.005, which means there is a significant influence on increasing student learning outcomes after studying the E-module. Based on the feasibility data and analysis of improving learning outcomes, it can be concluded that the electronic module-based teaching materials in the Mechanical Earthmoving Course are suitable for use for learning. Keywords: Alat Berat, E-Modul, Galian dan Timbunan, Pemindahan Tanah Mekanis

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Santoso Sri Handoyo, M.T. 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Jalan Raya
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Wildan Putranto .
Date Deposited: 02 Feb 2024 05:14
Last Modified: 02 Feb 2024 05:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44167

Actions (login required)

View Item View Item