PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LITERASI KESEHATAN : HIPERTENSI BAGI KADER POSYANDU ANGGREK MENTENG ATAS

NAUFAL ABDI DHARMA, . (2024) PENGEMBANGAN E-MODUL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN LITERASI KESEHATAN : HIPERTENSI BAGI KADER POSYANDU ANGGREK MENTENG ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (535kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (722kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (435kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (461kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Literasi kesehatan kini menjadi isu atau pembahasan di berbagai bidang karena memegang peranan penting dalam pembangunan masyarakat. Skor Indonesia mengenai literasi pada tahun 2022 sebesar 64,48 dari skala 1-100. Angka tersebut dinilai masih belum menggembirakan dan terus menjadi masalah nasional yang sangat memprihatinkan. Posyandu adalah sarana untuk mendidik masyarakat agar melek informasi kesehatan sekaligus menanamkan budaya membaca, namun belum adanya media belajar di posyandu menjadi salah satu masalah dalam menggapai angka literasi kesehatan masyarakat yang tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran yaitu modul elektronik untuk kader posyandu Anggrek di wilayah Kelurahan Menteng Atas. Pengembangan media modul elektronik menggunakan model pengembangan Multimedia Development Life Cycle (MDLC) oleh Luther yang terdiri dari 6 tahap pengembangan yaitu concept, design, material collecting, assembly, testing dan distribution. Subjek pada penelitian ini adalah 1 ahli media, 1 ahli materi dan 20 Kader dengan rentang usia 37-63. Kuesioner uji coba pada penelitian ini menggunakan skala Likert. Berdasarkan penilaian dari ahli media memperoleh persentase sebesar 94,7% (Sangat baik) dan penilaian ahli materi memperoleh persentase sebesar 87,7% (Sangat baik). Hasil perolehan pretest mendapat persentase sebesar 55,75% lalu mengalami peningkatan pada posttest sebesar 92,75%. Dapat disimpulkan media modul elektronik literasi kesehatan layak untuk digunakan untuk media pembelajaran pada Kader Posyandu Anggrek Menteng Atas untuk meningkatkan pemahaman literasi kesehatan. ***** Health literacy is now an issue or discussion in various fields because it plays an important role in community development. Indonesia's score regarding literacy in 2022 is 64.48 on a scale of 1-100. This figure is considered to be still not encouraging and continues to be a very concerning national problem. Posyandu is a means to educate the public to be literate in health information as well as instill a reading culture, but the absence of learning media at the posyandu is one of the problems in achieving high public health literacy rates. The purpose of this study was to produce learning media, namely electronic modules for Anggrek posyandu cadres in the Kelurahan Menteng Atas. The development of electronic module media uses the Multimedia Development Life Cycle (MDLC) development model by Luther which consists of 6 stages of development namely concept, design, material gathering, assembly, testing and distribution. The subjects in this study were 1 media expert, 1 material expert and 20 cadres with an age range 44-62. The trial questionnaire in this study used a Likert scale. Based on the assessment of media experts, the percentage was 94.7% (Very good) and the material expert's assessment was 87.7% (Very good). The pretest results obtained a percentage of 55.75% and then experienced an increase in the posttest of 92.75%. It can be concluded that the health literacy electronic module media is suitable for use as learning media for the Anggrek Menteng Atas Posyandu Cadre to increase understanding of health literacy.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Henny Herawaty BR. Dalimunthe, M.Pd. ; 2). Drs. Sri Kuswantono W, M.Si.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 21398 not found.
Date Deposited: 02 Feb 2024 01:15
Last Modified: 02 Feb 2024 01:15
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44217

Actions (login required)

View Item View Item