ANALISIS KESESUAIAN MATA KULIAH K3 DI PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNJ DENGAN KOMPETENSI SEBAGAI AHLI MUDA KESELAMATAN KONSTRUKSI

RENDI NOVAL ERLANGGA, . (2024) ANALISIS KESESUAIAN MATA KULIAH K3 DI PRODI S1 PENDIDIKAN TEKNIK BANGUNAN UNJ DENGAN KOMPETENSI SEBAGAI AHLI MUDA KESELAMATAN KONSTRUKSI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (966kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (241kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (517kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (498kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rendi Noval Erlangga, Irika Widiasanti, R. Eka Murtinugraha (2024). “Analisis Kesesuaian Mata Kuliah K3 di Prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan UNJ dengan Kompetensi Sebagai Ahli Muda Keselamatan Konstruksi” Skripsi. Jakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Bangunan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Jakarta. Ahli muda keselamatan konstruksi merupakan tenaga ahli yang memiliki kompetensi khusus dibidang keselamatan dan kesehatan kerja konstruksi dalam merencanakan, melaksanakan, dan mengevaluasi SMKK yang dibuktikan dengan sertifikat kompetensi kerja konstruksi. Ahli keselamatan konstruksi/K3 diperlukan untuk mencapai zero accident atau tidak adanya insiden apapun Penelitian ini dibuat memiliki tujuan untuk mengetahui kesesuaian yang ada pada mata kuliah K3 prodi S1 Pendidikan Teknik Bangunan (PTB) UNJ dengan kompetensi Ahli Muda Keselamatan Konstruksi guna meningkatkan kualitas kompetensi lulusan PTB UNJ. Waktu pelaksanaan penelitian ini dimulai dari September 2023 sampai dengan Januari 2024. Dalam penelitian ini metode kuantitatif deskriptif digunakan sebagai metode penelitian. Populasi dan sampel yang digunakan adalah dosen pengampu mata kuliah Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) atau yang relevan di 14 Perguruan Tinggi Negeri (PTN). Pengujian validitas dan reliabilitas instrumen kuesioner diuji coba kepada 2 orang dosen pada prodi Teknik Sipil. Uji validitas instrumen menggunakan rumus matriks Gregory dan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Instrumen berupa kuesioner yang berisikan kesesuaian dengan membandingkan kompetensi Ahli Muda Keselamatan Konstruksi pada Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) No. 60 Tahun 2022 dan Sub Capaian Pembelajaran Mata Kuliah (Sub-CPMK) yang berasal dari Rencana Pembelajaran Semester (RPS) K3 PTB UNJ tahun 2023. Berdasarkan hasil uji validitas dan uji reliabilitas instrumen didapatkan hasil validitas sebesar 0,90244 sehingga masuk kedalam kategori tinggi, sedangkan nilai reliabilitasnya berada pada angka 0,60741 yang berarti instrument ini memiliki tingkat reliabilitas cukup tinggi. Terdapat 41 butir pernyataan dalam instrumen yang berupa kuesioner. Dari hasil penyebaran kuesioner ke 14 PTN didapatkan sejumlah 13 responden dari 9 PTN. Kemudian pengisian kuesioner oleh responden didapatkan hasil keseluruhan bahwa persentase rata-rata kesesuaian mata kuliah K3 PTB UNJ sebesar 75%, sehingga dapat disimpulkan bahwa mata kuliah K3 yang ada pada Prodi PTB UNJ sudah sesuai dengan kompetensi sebagai ahli muda keselamatan konstruksi namun dari hasil analisis didapatkan beberapa Sub-CPMK diperlukan sedikit penyesuaian terhadap kompetensi yang ada. Kata Kunci: K3, Pendidikan Teknik Bangunan, Kompetensi, Mata Kuliah ***** Rendi Noval Erlangga, Irika Widiasanti, R. Eka Murtinugraha (2024). “Analysis of the Suitability of OHS Course in UNJ's Undergraduate Building Engineering Education Study Program with Competencies as a Young Construction Safety Expert” Thesis. Jakarta: Building Engineering Education Program, Faculty of Engineering, State University of Jakarta (UNJ). Young construction safety experts are experts who have special competence in the field of construction work safety and health in planning, implementing and evaluating SMKK as proven by a construction work competency certificate. Construction safety/OHS experts are needed to achieve zero accidents or no incidents. This research aims to identify the suitability of the Occupational Health and Safety (OHS) courses in the UNJ Building Engineering Education undergraduate study program with the competencies of Young Construction Safety Experts in order to improve the quality of competency of PTB UNJ graduates. The study was conducted from September 2023 to January 2024. In this research, descriptive quantitative methods were used as research methods. The samples used were lecturers who teach Occupational Health and Safety or relevant courses at 14 State Universities. Testing the validity and reliability of the instrument was tested on 2 lecturers in the Civil Engineering study program. The validity test of the instrument using the Gregory matrix formula and the reliability test using the Alpha Cronbach formula. The instrument is a questionnaire containing suitability by comparing the competency of Young Construction Safety Experts to the Indonesian National Work Competency Standards (SKKNI) No. 60 of 2022 and Sub Course Learning Achievements (Sub-CPMK) which come from the OHS course PTB UNJ Semester Learning Plan (RPS) in 2023. Based on the results of the validity test and reliability test of the instrument, the validity result was 0.90244, so it is included in the high category. while the reliability value is 0.60741, which means this instrument has a fairly high level of reliability. There are 41 statement items in the instrument in the form of a questionnaire. From the results of distributing questionnaires to 14 State Universities, 13 respondents from 9 State Universities were obtained. Then, by filling in the questionnaire by the respondents, the overall result was that the average percentage of suitability for PTB UNJ OHS courses was 75%, so it can be concluded that the OHS courses in the PTB UNJ Study Program were in accordance with the competency as a young construction safety expert, but from the results of the analysis it was found Some Sub-CPMKs require slight adjustments to existing competencies. Keywords: OHS, Building Engineering Education, Competency, Course

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ir. Irika Widiasanti, M.T. ; 2). R. Eka Murtinugraha, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Sipil
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Bangunan
Depositing User: Users 21722 not found.
Date Deposited: 05 Feb 2024 05:56
Last Modified: 05 Feb 2024 05:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44344

Actions (login required)

View Item View Item