IRMAWANTY, . (2024) OPTIMALISASI FUNGSI KELOMPOK KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH DALAM PENINGKATAN KEMAMPUAN GURU MEMBUAT KARYA TULIS ILMIAH (Studi Kasus pada Kelompok Kerja Guru Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Banten) IRMAWANTY 9919917006. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (2MB) |
|
Text
2. BAB 1.pdf Download (435kB) |
|
Text
3. BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (770kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (617kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (291kB) | Request a copy |
|
Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (541kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Abstrak- Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pola pelaksanaan penulisan KTI pada guru Madrasah Ibtidaiyah di Provinsi Banten, (2) Untuk mengetahui peran KKG dalam pendampingan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam penulisan karya tulis ilmiah, (3) Untuk mengetahui respon guru terhadap pendampingan guru Madrasah Ibtidaiyah dalam penulisan karya tulis ilmiah di Kelompok Kerja Guru dan (4) Untuk mengetahui efektivitas kegiatan pendampingan dalam meningkatkan kemampuan guru menulis KTI. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan participatory action research (PAR). Responden kegiatan ini adalah guru madrasah Ibtidaiyah yang mengikuti kegiatan Pendampingan menulis KTI di kelompok Kerja Guru MI (Madrasah Ibtidaiyah) Kota Tangerang dan MI Kota Serang. Instrument yang digunakan pada penelitian ini (1) kuesioner, diberikan pada guru madrasah Ibtidaiyah yang hadir pada pertemuan bulanan KKG MI Kota Tangerang. (2) wawancara kepada kepala Seksi Pendidikan Madrasah Kota Serang sebagai penanggung jawab KKG di tingkat Kota Serang. (3) observasi, dilakukan dengan cara mengoleksi kertas kerja peserta pada saat pelaksaan pelatihan kegiatan pendampingan pembuatan KTI serta mengamati aktivitas selama proses pendampingan berlangsung dan (4) dokumentasi, dilakukan dengan cara mengoleksi karya tulis ilmiah peserta sebagai output pelatihan kegiatan pendampingan dan melihat hasil review dari pengurus Pusat Pengembangan Madrasah Banten. Proses analisis data yang digunakan peneliti dalam penelitian ini adalah reduksi data, display data, verifikasi dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan disimpulkan bahwa Pola pelaksanaan pendampingan yang dilaksanakan oleh kelompok kerja guru Madrasah Ibtidaiyah di Kota Tangerang dan Kota Serang mampu meningkatkan motivasi menulis para guru madrasah. Kegiatan yang didampingi oleh pengurus Pusat Pengembangan Madrasah (PPM) dapat menjadi contoh pola kegiatan pengembangan diri guru dan publikasi ilmiah yang diprasyaratkan dalam proses pengembangan keprofesian berkelanjutan guru madrasah. Output kegiatan pendampingan di kelompok kerja guru Madrasah Ibtidaiyah dalam bentuk artikel dan dipublikasikan melalui presentasi pada kegiatan ilmiah maupun di jurnal ilmiah, menjadi poin dalam penghitungan angka kredit dalam unsur publikasi ilmiah. Abstract- The aims of this research are: (1) to determine the pattern of implementation of scientific writing among Madrasah Ibtidaiyah teachers in Banten Province, (2) to determine the role of KKG in assisting Madrasah Ibtidaiyah teachers in writing scientific papers, (3) to determine teachers' responses to teacher assistance Madrasah Ibtidaiyah in writing scientific papers in the Teacher Working Group and (4) to determine the effectiveness of mentoring activities in improving teachers' ability to write KTI. A participatory action research (PAR) approach is implemented in this research; more focused on meaning than generalization to describe the characteristics of a phenomenon. The instruments used in this research were (1) a questionnaire, given to Madrasah Ibtidaiyah teachers who attended the monthly KKG MI Tangerang City meeting. (2) interview with the head of the Serang City Madrasah Education Section as the person in charge of the KKG at the Serang City level. (3) observation, carried out by collecting participants' working papers during the training for KTI making assistance activities and observing activities during the mentoring process and (4) documentation, carried out by collecting participants' scientific papers as training output for mentoring activities and viewing the results of the review from the management of the Madrasah Development Center of Banten Province. The data analysis process used by researchers in this research is data reduction, data display, verification and drawing conclusions. The conclusion of the research: (1) the pattern of mentoring implemented by the Madrasah Ibtidaiyah teacher working group in Tangerang City and Serang City is able to increase the writing motivation of madrasah teachers. (2) Activities accompanied by the Madrasah Development Center (PPM) administrators can be an example of a pattern of teacher self-development activities and scientific publications required in the process of continuing professional development for madrasah teachers. The output of mentoring activities in the Madrasah Ibtidaiyah teacher working group is in the form of articles and published through presentations in scientific activities and in scientific journals, becomes points in calculating credit figures in the scientific publication element.
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd 2). Prof. Dr. M. Japar, M.Si |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | PASCASARJANA > S3 Pendidikan Dasar |
Depositing User: | Users 21452 not found. |
Date Deposited: | 12 Feb 2024 01:07 |
Last Modified: | 12 Feb 2024 01:07 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44650 |
Actions (login required)
View Item |