AJFA SALSABILLA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA KOMIK DIGITAL BERBASIS LITERASI SAINS PADA MATERI PUBERTAS KELAS VI SEKOLAH DASAR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER (2).pdf Download (637kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (204kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (349kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (348kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (124kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (234kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengembangkan dan menghasilkan produk berupa komik digital berbasis literasi sains sebagai penunjang pada pembelajaran IPA materi pubertas kelas VI Sekolah Dasar serta untuk mengetahui kelayakan produk yang telah dikembangkan. Penelitian dilaksanakan di SDN Baktijaya 6 Kota Depok dengan jumlah responden sebanyak 35 orang peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan kuesioner. Hasil penelitian dan pengembangan komik digital berbasis literasi sains pada materi pubertas memperoleh validasi dari ahli media sebesar 93% dengan kategori sangat baik, validasi ahli materi sebesar 91% dengan kategori sangat baik, dan validasi ahli bahasa sebesar 97% dengan kategori sangat baik. Hasil uji coba one-to-one sebesar 93% dengan kategori sangat baik, uji coba small group sebesar 91% dengan kategori sangat baik, dan field test sebesar 90% dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil tersebut, komik digital berbasis literasi sains layak digunakan sebagai penunjang pada pembelajaran IPA materi pubertas kelas VI Sekolah Dasar. Oleh sebab itu, tujuan dari penelitian dan pengembangan ini tercapai dan layak digunakan untuk peserta didik kelas VI Sekolah Dasar. ***** This study aims to develop and produce products in the form of science literacy-based digital comics as a support for learning science material puberty grade VI Elementary School and to determine the feasibility of products that have been developed. The research was conducted at SDN Baktijaya 6 Depok City with a total of 35 respondents of grade VI elementary school students. The method used in this research is Research and Development (R&D) with the ADDIE development model. Data collection techniques involved observation, interviews, and questionnaires. The results of research and development of science literacy-based digital comics on puberty material obtained validation from media experts at 93% with a very good category, material expert validation at 91% with a very good category, and linguist validation at 97% with a very good category. The results of the one-to-one trial were 93% with a very good category, a small group trial of 91% with a very good category, and a field test of 90% with a very good category. Based on these results, science literacy-based digital comics are feasible to use as support in learning science material puberty grade VI Elementary School. Therefore, the objectives of this research and development are achieved and feasible to use for grade VI elementary school students.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Drs. Endang Wahyudiana, M.Pd. ; 2). Dr. Prayuningtyas Angger Wardhani, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Media Pembelajaran Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam |
Divisions: | FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Users 21289 not found. |
Date Deposited: | 13 Feb 2024 00:14 |
Last Modified: | 13 Feb 2024 00:14 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/44755 |
Actions (login required)
View Item |