PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGUATKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR (Studi Kualitatif Deskriptif di SDN Rawamangun 12 Pagi)

ALIFIANANDA AZARINE SYAHADI, . (2024) PENERAPAN PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DALAM MENGUATKAN KARAKTER PADA SISWA KELAS 4 SEKOLAH DASAR (Studi Kualitatif Deskriptif di SDN Rawamangun 12 Pagi). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (897kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (326kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (656kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila di SDN Rawamangun 12 Pagi dan bagaimana penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dapat menguatkan karakter pada siswa kelas 4 Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilaksanakan di kelas 4 SDN Rawamangun 12 Pagi. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman yang dilakukan melalui tiga langkah yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dalam penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SDN Rawamangun 12 menggunakan tema Gaya Hidup Berkelanjutan yang berfokus kepada kegiatan pengolahan sampah plastik. Selain itu, penerapan kegiatan dalam Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila juga dapat menguatkan karakter siswa. Dari enam karakter dalam dimensi Profil Pelajar Pancasila terdapat tiga karakter yang menonjol pada siswa selama penerapan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila yaitu karakter Bergotong Royong, Mandiri, dan Kreatif. Kata Kunci: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, Karakter ***** This research aims to describe the implementation of Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila at SDN Rawamangun 12 Morning and how the implementation of Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila can strengthen the character of 4th-grade elementary school students. The study utilizes a qualitative method with a descriptive approach and is conducted in the 4th-grade classes at SDN Rawamangun 12 Pagi. Data collection involves observation, interviews, and documentation methods. The data analysis technique follows the Miles and Huberman model, involving three steps: data reduction, data display, and conclusion drawing. The results of this research indicate that in the implementation of Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, SDN Rawamangun 12 Pagi focuses on the Sustainable Lifestyle theme, particularly in activities related to plastic waste processing. Moreover, the implementation of activities within Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila also contributes to strengthening students' character. Among the six characters in the Pancasila Student Profile dimensions, three characters stand out in students during the Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila implementation: Cooperation, Independence, and Creativity. Keywords: Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila, character

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Linda Zakiah, M.Pd ; 2). Dr. Gusti Yarmi, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 21628 not found.
Date Deposited: 22 Feb 2024 01:09
Last Modified: 22 Feb 2024 01:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45007

Actions (login required)

View Item View Item