KENDALA INTERNAL DAN EKSTERNAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM MENULIS KARYA ILMIAH

HAFNI ZURAIDA INAYAH, . (2024) KENDALA INTERNAL DAN EKSTERNAL MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA JEPANG DALAM MENULIS KARYA ILMIAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (347kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (914kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (156kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (338kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (568kB) | Request a copy

Abstract

Hafni Zuraida Inayah. 2024. Kendala Internal dan Eksternal Mahasiswa Pendidikan Bahasa Jepang di Universitas Negeri Jakarta dalam Menulis Karya Ilmiah. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Bahasa dan Seni, Universitas Negeri Jakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kendala-kendala yang dialami oleh mahasiswa program studi pendidikan bahasa Jepang dalam menulis karya ilmiah (skripsi/non-skripsi). Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kendala internal dan eksternal yang dikemukakan Suryabrata (2014). Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif kualitatif dan juga teknik pengumpulan data angket. Berdasarkan hasil penelitian ini terdapat 2 jenis kendala yang dialami oleh mahasiswa dalam menulis karya ilmiah (skripsi/non-skripsi). Kedua jenis kendala tersebut adalah kendala internal seperti motivasi, prestasi dan kemampuan kognitif dan kendala eksternal seperti lingkungan dan instrumental misal sekolah, guru, kurikulum dan model pembelajaran. Salah satu faktor internal yang mempengaruhi dalam penulisan adalah kurangnya pengetahuan dalam metodologi penelitian sebanyak 69%. Hal ini tentunya disebabkan dari kurang membaca pada mahasiswa, sehingga menyebabkan terkendala untuk menulis karena kurangnya referensi untuk menulis. Lalu salah satu faktor eksternal yang berpengaruh juga pada penulisan karya ilmiah mahasiswa, sebanyak 73% mahasiswa menjawab bahwa faktor eksternal yang berpengaruh adalah faktor lebih suka membuat karya ilmiah secara kelompok. Hal ini dikarenakan dengan membuat secara kelompok dapat bertukar pikiran, bisa saling membantu, pekerjaan lebih terasa ringan dan meningkatkan kepercayaan diri. ********** Hafni Zuraida Inayah. 2024. Internal and External Obstacles for Japanese Language Education Students at Jakarta State University in Writing Scientific Papers. Thesis, Japanese Language Education Study Program, Faculty of Languages and Arts, State University of Jakarta. This study aims to determine the obstacles experienced by Japanese language education study program students in writing scientific papers (thesis/non-thesis). The theory used in this research is the theory of internal and external constraints put forward by Suryabrata (2014). This research uses qualitative descriptive analysis methods and also questionnaire data collection techniques. Based on the results of this study, there are 2 types of obstacles experienced by students in writing scientific papers (thesis/non-thesis). The two types of constraints are internal constraints such as motivation, achievement and cognitive abilities and external constraints such as environmental and instrumental, for example schools, teachers, curriculum and learning models. One of the internal factors that influences writing is a lack of knowledge in research methodology as much as 69%. This is of course caused by students' lack of reading, which causes them to be hampered in writing due to a lack of references for writing. Then one of the external factors that also influences student writing of scientific work, as many as 73% of students answered that the external factor that influences is the factor that they prefer to write scientific work in groups. This is because by making groups able to exchange ideas, help each other, the work feels lighter and increases self-confidence.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Yuniarsih, M.Hum., M.Ed. ; 2). Dr. Nia Setiawati, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Psikologi Pendidikan
Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Jepang
Divisions: FBS > S1 Pendidikan Bahasa Jepang
Depositing User: Users 21738 not found.
Date Deposited: 27 Feb 2024 06:27
Last Modified: 27 Feb 2024 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45088

Actions (login required)

View Item View Item