NURUZZAHRA FITRIA YASMIN, . (2024) MODEL MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS WEBSITE UNTUK KETERAMPILAN MENULIS BAHASA ARAB LEVEL A1 CEFR BAGI PEMULA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
Cover.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (1MB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (2MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (701kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (833kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Model Media Pembelajaran Berbasis Website untuk Keterampilan Menulis Bahasa Arab Level A1 CEFR Bagi Pemula. Penelitian ini menyajikan sebuah model media pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Arab untuk pemula berbasis model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Tahap pertama melibatkan analisis kebutuhan pembelajaran keterampilan menulis Bahasa Arab pemula diikuti oleh design produk, pengembangan produk sesuai rancangan, implementasi produk melalui uji coba terhadap pengguna, dan tahap evaluasi produk untuk mengukur keberhasilan dalam berbagai aspek. Evaluasi dilakukan melalu uji coba produk dan kuisioner yang di isi oleh 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Universitas Negeri Jakarta. Hasil penilaian produk (website) mencapai 90% dari ahli materi, 94% dari ahli media, dan 86,5% dari mahasiswa menegaskan tingkat kelayakan yang tinggi untuk pengguna Model Media Pembelajaran Keterampilan Menulis Bahasa Arab Berbasis Website Untuk Pemula Tingkat A1 CEFR. Kesimpulan dari penelitian ini mengindikasikan bahwa model media tersebut sangat layak digunakan sebagai sumber belajar tambahan yang efektif dan berkualitas. ***** This study aims to develop a Media Model of Arabic Writing Skills For Beginners Level A1 CEFR This study presents a learning media model for Arabic writing skills for beginners based on the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). The first stage involves analyzing the needs of learning beginner Arabic writing skills followed by product design, product development as designed, product implementation through user trials, and product evaluation stage to measure success in various aspects. The evaluation was carried out through product trials and questionnaires filled out by 30 students of the Arabic Language Education Study Program, State University of Jakarta. The results of the product assessment (website) reached 90% of material experts, 94% of media experts, and 86.5% of students confirmed a high level of eligibility for users of the Website-Based Arabic Writing Skills Learning Media Model for Beginners Level A1 CEFR. The conclusion of this study indicates that the media model is very feasible to be used as an effective and quality additional learning resource.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Syamsi Setiadi, M.Pd. ; 2). Ahmad Marzuq, M.Pd. |
Subjects: | Bahasa dan Kesusastraan > Bahasa Arab |
Divisions: | FBS > S1 Pendidikan Bahasa Arab |
Depositing User: | Users 21928 not found. |
Date Deposited: | 20 Mar 2024 23:17 |
Last Modified: | 20 Mar 2024 23:17 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45288 |
Actions (login required)
View Item |