PENGARUH HAN SO HEE SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE SOMETHINC (Survei pada Konsumen Somethinc yang Berusia 15 – 34 Tahun di DKI Jakarta)

ANDIKA GALANG PRATAMA, . (2024) PENGARUH HAN SO HEE SEBAGAI BRAND AMBASSADOR TERHADAP BRAND IMAGE SOMETHINC (Survei pada Konsumen Somethinc yang Berusia 15 – 34 Tahun di DKI Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (898kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (292kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (241kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (377kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (995kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (120kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (128kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Saat ini, banyak merek di Indonesia menggunakan celebrity endorser sebagai brand ambassador. Penggunaan brand ambassador bertujuan sebagai sarana untuk berkomunikasi dengan konsumen. Penggunaan selebriti asal Korea Selatan sebagai brand ambassador banyak ditemui, salah satunya Somethinc yang bekerja sama dengan Han So Hee. Dalam kolaborasi ini, terdapat beberapa produk khusus dalam series “Steal Han So Hee Looks” yang secara langsung dipromosikan oleh Han So Hee melalui berbagai media. Pemanfaatan brand ambassador merupakan salah satu langkah strategis untuk membangun brand image dengan memanfaatkan kemampuannya sebagai role model, dengan demikian akan mempengaruhi perilaku konsumen. Upaya-upaya ini akan berkontribusi terhadap pembentukan brand image yang kuat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Han So Hee sebagai brand ambassador terhadap brand image Somethinc menurut perspektif konsumen berusia 15-34 tahun. Teori yang digunakan untuk mendukung penelitian ini adalah brand ambassador dan brand image. Brand ambassador terdiri dari indikator visibility, credibility, attraction, dan power. Sedangkan, brand image meliputi corporate image, product image, dan user image. Metode penelitian yang digunakan yaitu pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Pengolahan data terdiri dari uji instrumen penelitian, uji normalitas, analisis regresi sederhana, uji parsial, dan uji koefisien determinasi. Hasil penelitian didapatkan bahwa Han So Hee sebagai brand ambassador memberikan pengaruh positif terhadap brand image Somethinc sesuai dengan pengujian nilai t hitung = 1.661 > 0.05, brand ambassador memberikan pengaruh positif terhadap brand image sebesar 35.3% setiap terdapat perubahan tingkat brand ambassador sebanyak 1%. Kata Kunci: Brand Ambassador, Brand Image, Somethinc ********** ABSTRACT Currently, there are many brands in Indonesia that use celebrity endorser as brand ambassador. The use of brand ambassador is to become tools to communicate with consumers. Celebrity from South Korea widely used for brand ambassador in Indonesia’s market, such as Somethinc that collaborate with Han So Hee as their brand ambassador. In this collaboration, Somethinc release several special products for “Steal Han So Hee Looks” series which is directly promoted by Han So Hee through social media such as Instagram. The use of brand ambassador is one of the strategic plan to build brand image by their ability to become consumer’s role model that will be affected to consumer’s behaviour. This research aims to determine the influence of Han So Hee as brand ambassador to Somethinc’s brand image based on the perspective of 15-34 years old consumer. Theory that used or this research are brand ambassador and brand image. Brand amassador consist of several indicator such as visibility, credibility, attraction, and power. Meanwhile, brand image consist of corporate image, product image, and user image. The research methods used is a quantitative approach with survey methods. Data processing consists of research instrument test, normality test, simple regression analysis, partial test, and coefficient determination test. The research results showed that Han So Hee as brand ambassador had a positive influence on the brand image, according to the t test value = 1.661 > 0.05. Brand ambassador had a positive influence to brand image of 35.3% every time there was a 1% change in brand ambassador. Keyword: Brand Ambassador, Brand Image, Somethin

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Menati Fajar Rizki, M.I.Kom.
Subjects: Ilmu Sosial > Industri, Buruh, Produksi
Ilmu Sosial > Perdagangan, e-commerce
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Users 22287 not found.
Date Deposited: 05 Jun 2024 02:10
Last Modified: 05 Jun 2024 02:10
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45424

Actions (login required)

View Item View Item