HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KEARIFAN LOKAL DAN EKOLITERASI DENGAN GREEN BEHAVIOR PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA BANDUNG JAWA BARAT

N DWINUR RIZKI KURNIASARI, . (2020) HUBUNGAN ANTARA PENGETAHUAN KEARIFAN LOKAL DAN EKOLITERASI DENGAN GREEN BEHAVIOR PADA SISWA SEKOLAH ADIWIYATA BANDUNG JAWA BARAT. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (607kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (210kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (225kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (579kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (306kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf

Download (1MB)

Abstract

Degradasi lingkungan hidup dapat disebabkan karena kurangnya pengetahuan pada siswa untuk memahami pentingnya perilaku hijau. Siswa harus sadar perilaku hijau pada lingkungan di sekitarnya yang telah memberikan sumber daya alam, sehingga tanggung jawab untuk menjaga tradisi dan menjaga kearifan lokal dalam mengelola lingkungan sehingga siswa sebagai kunci utama dalam menjaga keseimbangan sumberdaya alam. Kearifan lokal dalam mencintai lingkungan untuk mendorong siswa sadar pada sumberdaya alamnya. Kesadaran untuk mencintai lingkungan ditanamkan kepada siswa salah satunya melalui ekoliterasi. Dengan adanya pengetahuan kearifan lokal dan ekoliterasi diharapkan agar siswa memiliki Green Behavior. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan pengetahuan kearifan lokal dan ekoliterasi dengan Green Behavior. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Jumlah responden terdiri dari 203 siswa kelas XII IPA yang berasal dari SMA 24 Negeri Ujung Berung di Kota Bandung diambil secara simple random sampling. Hipotesis penelitian diuji dengan rumus korelasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Terdapat hubungan positif dengan tingkatan hubungan yang sedang antara pengetahuan kearifan lokal dengan Green Behavior. (2) Terdapat hubungan positif dengan tingkatan hubungan yang sedang antara ekoliterasi dengan Green Behavior. (3) Terdapat hubungan positif dengan tingkatan hubungan yang sedang antara pengetahuan kearifan lokal dan ekoliterasi secara bersama-sama dengan Green Behavior. Penelitian ini memberikan implikasi bahwa perlu peningkatan pengetahuan kearifan lokal dan ekoliterasi agar green behavior dapat terwujud. Kata Kunci : Green Behaviour, Kearifan Lokal, Ekoliterasi, Siswa Environmental degradation can be caused by lack of knowledge in students to understand the importance of green behavior. Students must be aware of green behavior in the surrounding environment that has provided natural resources, so that its the responsibility to maintain traditions and maintain local wisdom in managing the environment so students was the main key in maintaining the balance of natural resources. Local wisdom in loving the environment to encourage students to be aware of their natural resources. Awareness to love the environment instilled in students one of them through ekoliterasi. With the knowledge of local wisdom and ecoliteration, students was expected to have a Green Behavior. This study aims to analyze the relationship between local wisdom knowledge and ecoliteration with Green Behavior. The research method used was quantitative descriptive. The number of respondents consisted of 203 students of class XII IPA from Ujung Berung 24 Public High School in Bandung taken by simple random sampling. The research hypothesis was tested by the correlation formula. The results showed that: (1) There was a positive relationship with the moderate level of relationship between local knowledge and Green Behavior. (2) There is a positive relationship with the moderate level of relationship between ecoliteration and Green Behavior. (3) There is a positive relationship with the moderate level of relationship between local wisdom knowledge and ecoliteration together with the Green Behavior. This research implies that it is necessary to increase knowledge of local wisdom and ecoliteration so that green behavior can be realized. Keywords: Green Behavior, Local Wisdom, Ecoliteration, Students

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Dr. Diana Vivanti Sigit, M.Si 2). Dr. Ratna Komala, M.Si
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Sains > Sains, Ilmu Pengetahuan Alam
Divisions: FMIPA > S2 Pendidikan Biologi
Depositing User: Users 580 not found.
Date Deposited: 26 Mar 2020 16:38
Last Modified: 26 Mar 2020 16:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4553

Actions (login required)

View Item View Item