Kori Sundari, . (2023) PENGEMBANGAN MEDIA GOOGLE SITES BERBASIS INKUIRI TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS V PADA MATAPELAJARAN IPS DISEKOLAH DASAR. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
1. COVER.pdf Download (793kB) |
|
Text
2. BAB I.pdf Restricted to Registered users only Download (182kB) | Request a copy |
|
Text
3. BAB II.pdf Restricted to Registered users only Download (634kB) | Request a copy |
|
Text
4. BAB III.pdf Restricted to Registered users only Download (553kB) | Request a copy |
|
Text
5. BAB IV.pdf Restricted to Registered users only Download (733kB) | Request a copy |
|
Text
6. BAB V.pdf Restricted to Registered users only Download (99kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (111kB) |
|
Text
8. LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian dan pengembangan media google sites berbasis inkuiri terbimbing dilatarbelakangi oleh peningkatan jumlah pengguna internet Indonesia yang mencapai 215 juta jiwa pada tahun 2023, meningkat dari 77,02% menjadi 78,18%. Perkembangan tersebut sejatinya dapat diimplementasikan dalam dunia pendidikan, sehingga menjadi sebuah potensi tersendiri. Selain itu kemampuan siswa dalam kemampuan berpikir kritisnya kemampuan evaluasi, infrensiasi, explanation, dan self regulation masih rendah. Oleh sebab itu diperlukan pengembangan media pembelajaran berbasis teknologi, sehingga dibuatlah media Google Sites terintegrasi inkuiri terbimbing. Dilihat dari bebarapa penelitian sebelumnya, terlihat sedikit informasi penelitian yang mengkaji tentang pengaruh google sites berbasis inkuiri terbimbing terhadap berpikir kritis. Media Google sites berbasis inkuiri terbimbing digunakan sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan aspek kognitif, afektif dan psikomotor yang digunakan untuk simulasi dan tutorial Penelitian ini berupa pengembangan media Google Sites terintegrasi inkuiri terbimbing dan kemampuan berpikir kritis siswa Kelas V di Sekolah Dasar. Penelitian menggunakan metodologi penelitian Research and Development (R&D), dengan prosedur pengembangan model Borg and Gall. Hasil validasi ahli media dari validator didapat hasil rata-rata 4,64, dari ahli materi untuk validasi didapat hasil rata-rata 4,67. dan validasi ahli bahasa didapat hasil rata-rata keidealan yaitu 4,7. Menurut pengguna berdasarkan ujicoba secara one to one learner (try out) pada dua Sekolah Dasar dengan subyek 30 siswa dan 2 orang guru, dan ujicoba kelompok kecil yang dilakukan di dua Sekolah Dasar dengan subyek 52 siswa dan 2 orang guru menunjukkan media berada pada kategori baik sehingga dinyatakan layak untuk diujicobakan pada kelompok yang lebih besar. Kemudian hasil uji efektifitas, media google sites berbasis inkuiri terbimbing menggunakan kelas eksperimen dan kontrol dalam meningkatkan berpikir kritis diperoleh N-gain sebesar 56,2 dengan kategori “cukup efektif”, dan aktivitas respon siswa diperleh N-gain sebesar 77,99 dengan kategori “efektif”, berdasarkan data ini terbukti media berbasis Goggle Sites terintegrasi inkuiri terbimbing dapat meningkatkan berpikir kritis siswa SD kelas V dibandingkan dengan pembelajaran konvensional sehingga pembelajaran berlangsung aktif, efektif, menyenangkan dan bermakna. Tujuan akhir dari penelitan ini adalah bahwa media google sites berbasis inkuiri terbimbing akan memudahkan siswa untuk mendapatkan pengalaman lain melalui video dengan materi IPS di Sekolah Dasar. Kata Kunci: Google Sites Berbasis Inkuiri terbimbing, Berpikir Kritis, Ilmu Pengetahuan Sosial********************The research and development of guided inquiry-based google sites media was developed against the backdrop of an increase in the number of Indonesian internet users reaching 215 million in 2023, an increase from 77.02% to 78.18%. This development can actually be implemented in the world of education, so that it becomes a potential in itself. Besides that, the students' ability in critical thinking skills, evaluation, inference, explanation, and self-regulation abilities is still low. Therefore it is necessary to develop technology-based learning media, so that guided inquiry integrated Google Sites media was created. This research is in the form of developing Google Sites media integrated with guided inquiry and the critical thinking skills of Class V elementary school students. The research uses Research and Development (R&D) research methodology, with the procedure for developing the Borg and Gall model. The validation results of media experts from the validator obtained an average result of 4.64, from material experts for validation an average result was obtained of 4.67. and validation by linguists, the average ideal result is 4.7. According to users based on one to one learner trials (try out) in two elementary schools with 30 students and 2 teachers as subjects, and small group trials conducted in two elementary schools with 52 students and 2 teachers as subjects, the media is in the good category. so that it is declared feasible to be tested on a larger group. Based on the results of the effectiveness test, guided inquiry-based google sites media using experimental and control classes in improving critical thinking obtained an N-gain of 56.2 in the "effective enough" category, and student response activities obtained an N-gain of 77.99 in the "effective enough" category. effective”, based on this data it is proven that media based on Goggle Sites integrated guided inquiry can improve the critical thinking of fifth grade elementary school students compared to conventional learning so that learning takes place actively, effectively, fun and meaningful. Keywords: Integrated Google Sites Guided Inquiry, Critical Thinking, Social Studies Subjects (IPS)
Item Type: | Thesis (Doktor) |
---|---|
Additional Information: | 1). Prof. Dr. Arita Marini, ME ; 2). Dr. Nina Nurhasanah, M.Pd |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan Dasar Pendidikan > Media Pembelajaran |
Depositing User: | Users 22412 not found. |
Date Deposited: | 11 Jul 2024 05:04 |
Last Modified: | 11 Jul 2024 05:04 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45576 |
Actions (login required)
View Item |