PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ANDRAGOGI PADA PELATIHAN TATA BUSANA DI PPKPI JAKARTA

PUTRI AMANDA, . (2024) PROSES PELAKSANAAN PEMBELAJARAN DALAM PERSPEKTIF ANDRAGOGI PADA PELATIHAN TATA BUSANA DI PPKPI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (757kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (333kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (286kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (190kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (180kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (182kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses pembelajaran dalam perspektif andragogi khususnya tentang asumsi Malcolm Knowles pada Pelatihan Tata Busana di PPKPI Jakarta. Informan dalam penelitian ini adalah instruktur pelatihan berjumlah satu orang dan peserta pelatihan tata busana berjumlah 4 (empat) orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data pada penelitian ini ada tiga, yaitu wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah reduksi data, penyajian data, kesimpulan serta verifikasi. Hasil penelitian ini adalah menunjukan bahwa pelatihan tata busana di PPKPI Jakarta telah sesuai dengan asumsi andragogi menurut Malcolm Knowles. Asumsi-asumsi tersebut telah di sesuaikan dengan proses pembelajaran pada pelatihan tata busana di PPKPI Jakarta. Proses pembelajaran telah berhasil meningkatkan kemandirian, memanfaatkan pengalaman peserta sebagai sumber pembelajaran, dan memenuhi kebutuhan dan orientasi pembelajaran peserta. Dampak yang positif dari proses pembelajaran membuat instruktur perlu mempertahankan dan meningkatkan kebijakan di dalam kelas. Kata kunci: Pembelajaran, Andragogi, Pelatihan. **********   ABSTRACT This study aims to determine the learning process in an andragogy perspective, especially about Malcolm Knowles assumptions in Fashion Design Training at PPKPI Jakarta. The informants in this study were one training instructor and 4 (four) fashion training participants. The method used in this study is qualitative research method. There are three techniques used in data collection in this study, namely interviews, observation and documentation. Data analysis techniques used in this study are data reduction, data presentation, conclusions and verification. The results of this study show that fashion training at PPKPI Jakarta is in accordance with the assumptions of andragogy according to Malcolm Knowles. These assumptions have been adjusted to the learning process in fashion design training at PPKPI Jakarta. The learning process has succeeded in increasing independence, utilizing participant experience as a source of learning, and meeting the needs and orientation of participants' learning. The positive impact of the learning process makes instructors need to maintain and improve policies in the classroom. Keywords: Learning, Andragogy, Training.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Puji Hadiyanti, M.Si. ; 2). Nararia Hutama Putra, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Sekolah
Depositing User: Users 22421 not found.
Date Deposited: 15 Jul 2024 00:57
Last Modified: 15 Jul 2024 00:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45585

Actions (login required)

View Item View Item