PENGARUH WORK LIFE BALANCE, WORK STRESS DAN WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI JOB SATISFACTION PADA PERAWAT RUMAH SAKIT TIPE C KARAWANG JAWA BARAT

FARAH CHALIDA HANOUM T, . (2024) PENGARUH WORK LIFE BALANCE, WORK STRESS DAN WORK FAMILY CONFLICT TERHADAP TURNOVER INTENTION MELALUI JOB SATISFACTION PADA PERAWAT RUMAH SAKIT TIPE C KARAWANG JAWA BARAT. Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (463kB)
[img] Text
BAB 1.pdf
Restricted to Registered users only

Download (398kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (937kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (486kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (962kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (145kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis dan mengungkapkan pengaruh variabel-variabel work life balance, work stress dan work family conflict terhadap turnover intention melalui job satisfaction dan mengetahui saling interaksi antar variabel-variabel penelitian tersebut pada perawat rumah sakit tipe C di kota Karawang. Penelitian dilakukan dengan metode kuantitatif dan teknik pengambilan sampel secara probabilitas yaitu stratified sampling dengan pendekatan proportionally stratified sampling. Model dan hipotesis diuji dengan menggunakan 330 data, diantaranya dari perawat Rumah Sakit Rosela, Rumah Sakit Fikri Medika, Rumah Sakit Bunda Fathia dan Rumah Sakit Amanda. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan Structural Equation Modeling (SEM), yang terintegrasi dalam perangkat lunak Lisrel 8.8. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variable work life balance, work stress, work family conflict dan job satisfaction mempunyai pengaruh langsung signifikan terhadap turnover intention, hal ini sesuai dengan temuan penelitian sebelumnya, maka dapat disimpulkan bahwa tinggi rendahnya turnover intention pada keempat rumah sakit tipe C di kota Karawang ditentukan dari variabel work life balance, work stress, work family conflict dan job satisfaction, sehingga dalam kondisi saat ini disarankan pihak rumah sakit dapat lebih fokus untuk menstabilkan work life balance dan job satisfaction agar dapat menekan work stress dan work family conflict sehingga tidak terjadi turnover pada perawat. Pada pengaruh tidak langsung di dapat bahwa variabel work life balance, work stress dan work family conflict berpengaruh signifikan terhadap turnover intention melalui job satisfaction sebagai mediasi, sehingga pihak rumah sakit harus dapat meningkatkan job satisfaction perawat dengan baik dengan mempertahankan dukungan dari atasan, dukungan rekan kerja, mempertahankan lingkungan kerja yang nyaman dan kondusif.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1.) Prof. Dr. Mohamad Rizan, SE., MM 2. Dr. Agung Wahyu Handaru, ST., MM
Subjects: Manajemen > Manajemen Sumber Daya Manusia
Divisions: PASCASARJANA > S3 Ilmu Manajemen
Depositing User: FARAH CHALIDA HANOUM .
Date Deposited: 14 Jul 2024 22:54
Last Modified: 14 Jul 2024 22:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45594

Actions (login required)

View Item View Item