STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA KULINER "SEBLAK NYOSSOR" DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS

ANNISA AZZAHRA, . (2024) STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN PADA USAHA KULINER "SEBLAK NYOSSOR" DALAM MEMBANGUN BRAND AWARENESS. Diploma thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1 .pdf

Download (811kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (696kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (667kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5 .pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA .pdf

Download (731kB)
[img] Text
LAMPIRAN .pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Persaingan dunia usaha kuliner khususnya bisnis kuliner seblak mendorong pelaku usaha Seblak Nyossor menciptakan sesuatu yang baru untuk dapat bersaing dan mempertahankan diri dengan melakukan berbagai macam strategi komunikasi pemasaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran dalam membangun brand awareness. Teori yang menjadi landasan penelitian ini yaitu teori Integrated Marketing Communication. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa observasi,wawancara mendalam dan dokumentasi. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa Seblak Nyossor menerapkan teori Integrated Marketing Communication yaitu Advertising yang terdiri dari penerapan konvensional yaitu banner dan plang toko dan digital dengan penggunaan Instagram Ads, KOL, Media Aggregator, dan Iklan Televisi, Sales Promotion yaitu berbagai promosi secara langsung dan melalui instagram, Public Relations yaitu dengan melakukan publisitas dan acara grand opening, Direct Marketing melalui whatsapp, Personal Selling melalui karyawan dan konsumen secara langsung, dan Internet/Interactive Marketing melalui media sosial instagram dan tiktok. Penerapan yang memiliki dampak baik untuk membangun brand awareness Seblak Nyossor adalah iklan digital. Dapat disimpulkan bahwa berbagai strategi komunikasi pemasaran yang dilakukan oleh Seblak Nyossor melalui teori Integrated Marketing Communication berhasil membangun brand awareness yang baik kepada konsumen untuk mengenal dan mengingat Seblak Nyossor. Competition in the culinary business world, especially the seblak culinary business, encourages Seblak Nyossor business actors to create something new to be able to compete and maintain themselves by carrying out various marketing communication strategies. The purpose of this research is to find out the marketing communication strategy in building brand awareness. The theory that underlies this research is the theory of Integrated Marketing Communication. The approach used in this research is qualitative with descriptive methods, with data collection techniques in the form of observation, in-depth interviews and documentation. The results revealed that Seblak Nyossor applies IMC theory, namely Advertising which consists of conventional and digital applications with the use of Instagram Ads, KOL, Media Aggregators, and Television Ads, Sales Promotion, namely various promotions directly and through Instagram, Public Relations by conducting publicity and grand opening events, Direct Marketing through WhatsApp, Personal Selling through employees and consumers directly, and Internet/Interactive Marketing through social media Instagram and Tiktok. The application that has a good impact on building Seblak Nyossor's brand awareness is digital advertising. It can be concluded that the various marketing communication strategies carried out by Seblak Nyossor through IMC have succeeded in building good brand awareness to consumers to recognize and remember Seblak Nyossor.

Item Type: Thesis (Diploma)
Additional Information: 1). Wina Puspita Sari, M.Si
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Manajemen > Manajemen Pemasaran
Divisions: FIS > D IV Hubungan Masyarakat dan Komunikasi Digital
Depositing User: Annisa Azzahra .
Date Deposited: 17 Jul 2024 01:01
Last Modified: 17 Jul 2024 01:01
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45624

Actions (login required)

View Item View Item