EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS 5S KAIZEN DI UPT PELATIHAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA

FATIYAH AINUN HAKIM, . (2024) EVALUASI PROGRAM PELATIHAN PENINGKATAN PRODUKTIVITAS 5S KAIZEN DI UPT PELATIHAN PEMERINTAH PROVINSI DKI JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (229kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (289kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (651kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (151kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (251kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model evaluasi empat tingkat Kirkpatrick dalam program pelatihan 5S Kaizen yang diselenggarakan oleh UPT Pelatihan Pemprov DKI Jakarta guna menentukan efektivitas dan ketepatgunaan pelatihan yang dilaksanakan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian evaluatif dengan pendekatan kualitatif. Model evaluasi yang digunakan adalah Evaluasi Kirkpatrick 4 Level (Reaction, Learning, Behavior, Result). Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penyelenggaraan Program Pelatihan 5S Kaizen yang dilaksanakan oleh UPT Pelatihan Pemprov DKI Jakarta belum semuanya dilaksanakan secara maksimal berdasarkan aspek yang dievaluasi. (1) Reaksi kepuasan peserta terhadap penyelenggaraan program Pelatihan 5S Kaizen dapat dikatakan memuaskan, yaitu dilihat berdasarkan hasil kuesioner yang meliputi sarana dan prasarana, instruktur pelatihan, dan pelayanan penyelenggara pelatihan. (2) Peserta mengalami peningkatan pengetahuan setelah mengikuti pelatihan ini, dilihat dari hasil pre test dan post test yang didapatkan oleh peserta telah mengalami peningkatan dan seluruh peserta dinyatakan lulus. (3) Penyelenggara belum melakukan pengamatan terhadap perubahan sikap dan perilaku peserta pasca pelatihan. Terdapat kesesuaian antara implementasi hasil pelatihan dengan ilmu yang didapatkan peserta, tetapi penyelenggara belum mampu melakukan pengamatan tersebut secara keseluruhan. (4) Penyelenggara juga belum melakukan pengamatan pengamatan terhadap kontribusi peserta maupun pemanfaatan pengetahuan peserta terhadap kinerjanya. Jadi, Program Pelatihan 5S Kaizen telah terlaksana dengan efektif dan tetap dapat diselenggarakan dengan beberapa perbaikan melalui pertimbangan atau masukan oleh pembuat kebijakan untuk menentukan langkah berikutnya dalam program Pelatihan 5S Kaizen. ********** This research aims to analyze the application of the Kirkpatrick four-level evaluation model in the 5S Kaizen Productivity Improvement training program organized by UPT Pelatihan Pemerintah Provinsi DKI Jakarta in order to determine the effectiveness and suitability of the training carried out. The method used in this research is evaluative research with a qualitative approach. The evaluation model used is the Kirkpatrick 4 Level Evaluation (Reaction, Learning, Behavior, Results). Data collection techniques in this research used observation, interviews, and documentation. The research results show that the implementation of the 5S Kaizen Training Program carried out by the UPT Pelatihan Pemprov DKI Jakarta has not all been implemented optimally based on the aspects evaluated. (1) Participant satisfaction with the implementation of the 5S Kaizen Training program can be said to be satisfactory, which is seen based on the results of a questionnaire which includes facilities and infrastructure, training instructors, and training provider services. (2) Participants experienced an increase in knowledge after participating in this training. Judging from the pre-test and post-test results obtained by the participants, they had experienced an increase and all participants were declared to have passed. (3) The organizers have not observed changes in participants' attitudes and behavior after the training. There is a match between the implementation of the training results and the knowledge gained by participants, but the organizers have not been able to make these observations as a whole. (4) The organizers have also not carried out observations of participants' contributions or the use of participants' knowledge in their performance. So, the 5S Kaizen Training Program has been implemented effectively and can still be implemented with several improvements through consideration or input by policy makers to determine the next steps in the 5S Kaizen Training program.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof.Dr. Neti Karnati, M.Pd. ; 2). Prof.Dr. Masduki, S.H, M.M.
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Manajemen > Pendidikan, Riset Penelitian Bisnis
Divisions: FIP > S1 Manajemen Pendidikan
Depositing User: Users 22672 not found.
Date Deposited: 22 Jul 2024 00:03
Last Modified: 22 Jul 2024 00:03
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45746

Actions (login required)

View Item View Item