PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TRAVEL MYHAJIUMROH

TSANIA PUTRI ATIKA, . (2024) PENGARUH KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA TRAVEL MYHAJIUMROH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (693kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (572kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen pada travel MyHajiUmroh. Metode kuisioner digunakan untuk mengumpulkan data dari 100 responden yang merupakan konsumen yang sudah pernah menggunakan jasa Travel MyHajiUmroh. Analisis yang digunakan yaitu analisis regresi linier berganda dengan teori yang digunakan yaitu teori SERVQUAL yang dikembangkan oleh Hamdan (2018) . Hasil penelitian ini yaitu pada Uji F, menunjukkan bahwa Kualitas Pelayanan memiliki pengaruh positif dan signifikan secara simultan terhadap Kepuasan Konsumen pada Travel MyHajiUmroh. Variabel yang digunakan yaitu tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) dan kepuasan konsumen (Y). Pada hasil Uji T menunjukkan bahwa variabel tangibles (X1) dan assurance (X4) ditolak karena hasilnya lebih tinggi dari ketentuan cronbach’s alpha yaitu 0,05, dan variabel reliability (X2), responsiveness (X3), dan empathy (X5) diterima karena pada hasil Uji T menunjukkan sesuai dengan ketentuan cronbach’s alpha yaitu lebih rendah dari 0,05. Temuan ini menekankan pentingnya meningkatkan kualitas pelayanan sebagai strategi untuk meningkatkan kepuasan dan mempertahankan konsumen di industri travel umroh. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi pada pemahaman tentang faktor-faktor yang mempengaruhi kepuasan konsumen dalam konteks travel umroh dan memberikan panduan bagi praktisi dalam meningkatkan pengalaman konsumen. Kata Kunci: Pengaruh; Kualitas Pelayanan; Kepuasan Konsumen; Travel Umroh ***** This research aims to analyze the influence of service quality on consumer satisfaction with MyHajiUmroh travel. The questionnaire method was used to collect data from 100 respondents who were consumers who had used MyHajiUmroh Travel services. The analysis used is multiple linear regression analysis with the theory used, namely the SERVQUAL theory developed by Hamdan (2018). The results of this research, namely the F Test, show that Service Quality has a positive and significant influence simultaneously on Consumer Satisfaction with MyHajiUmroh Travel. The variables used are tangibles (X1), reliability (X2), responsiveness (X3), assurance (X4), empathy (X5) and consumer satisfaction (Y). The results of the T Test show that the variables tangibles (X1) and assurance (X4) are rejected because the results are higher than the Cronbach's alpha requirement, namely 0.05, and the variables reliability (X2), responsiveness (X3), and empathy (X5) are accepted because The T test results show that it complies with Cronbach's alpha, namely lower than 0.05. These findings emphasize the importance of improving service quality as a strategy to increase customer satisfaction and retain consumers in the Umrah travel industry. It is hoped that this research will contribute to the understanding of the factors that influence consumer satisfaction in the context of Umrah travel and provide guidance for practitioners in improving the consumer experience. Keywords: Influence; Service quality; Consumer Satisfaction; Umrah Travel

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Rinie Octaviany Hasan M.Si, MM.Par 2). Rezka Fedrina, SST.Par, MM
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Divisions: FIS > D IV Usaha Perjalanan Wisata
Depositing User: Tsania Putri Atika .
Date Deposited: 22 Jul 2024 22:50
Last Modified: 22 Jul 2024 22:50
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45849

Actions (login required)

View Item View Item