SELF-COMPASSION DAN REGULASI EMOSI PADA SISWA-SISWI KELAS XI SMA NEGERI DI CIBINONG

TRIESKA AYU WIWANDA, . (2024) SELF-COMPASSION DAN REGULASI EMOSI PADA SISWA-SISWI KELAS XI SMA NEGERI DI CIBINONG. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (2MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (537kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (466kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (760kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (450kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (673kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara self-compassion dan regulasi emosi remaja pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 3 Cibinong. Metode yang digunakan adalah korelasi dengan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah proportional random sampling, dimana pengambilan seluruh anggota memiliki kesempatan yang sama untuk dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 202 responden siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 3 Cibinong yang terdiri dari 11 kelas. Alat ukur yang digunakan adalah skala self-compassion dari Neff (2003) dan skala regulasi emosi dari Gratz dan Roemer (2004) yang telah diadaptasi oleh peneliti dan disebarkan ke responden melalui google form. Uji validitas semua item pada instrumen self-compassion valid semua, namun pada regulasi emosi ditemukan 3 item tidak valid. Uji reliabilitas pada self-compassion sebesar 0,929 dan pada regulasi emosi sebesar 0,951. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif signifikan antara self-compassion dan regulasi emosi pada siswa-siswi kelas XI di SMA Negeri 3 Cibinong, ha diterima dan ho ditolak, nilai Sig. 0.000 lebih kecil dari 0.005. Pada variabel self-compassion ada pada kategori sedang dengan persentase 71% dan pada variabel regulasi emosi ada pada kategori sedang dengan persentase 67%. ***** This study aims to determine the relationship between self-compassion and adolescent emotion regulation in class XI students at SMA Negeri 3 Cibinong. The method used is correlation with a quantitative approach. The sampling technique used in this study is proportional random sampling, where all members have the same opportunity to be sampled. The sample in this study amounted to 202 respondents of class XI students at SMA Negeri 3 Cibinong consisting of 11 classes. The measuring instruments used are the self-compassion scale from Neff (2003) and the emotion regulation scale from Gratz and Roemer (2004) which have been adapted by researchers and distributed to respondents via google form. The validity test of all items on the self-compassion instrument is valid, but on emotion regulation 3 items were found to be invalid. The reliability test on self-compassion is 0.929 and on emotion regulation is 0.951. The research results show that there is a significant positive relationship between self-compassion and emotion regulation in class XI students at SMA Negeri 3 Cibinong, ha is accepted and ho is rejected, Sig value. 0.000 is smaller than 0.005. The self-compassion variable is in the moderate category with a percentage of 71% and the emotion regulation variable is in the moderate category with a percentage of 67%.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dra. Michiko Mamesah, M.Psi ; 2). Eka Wahyuni, MAAPD
Subjects: Pendidikan > Bimbingan dan Konseling
Divisions: FIP > S1 Bimbingan Dan Konseling
Depositing User: Trieska Ayu Wiwanda .
Date Deposited: 25 Jul 2024 00:22
Last Modified: 25 Jul 2024 00:22
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45962

Actions (login required)

View Item View Item