UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SENAM BERIRAMA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA AT-TAQWA

SOPYAN, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR DAN HASIL BELAJAR SENAM BERIRAMA MENGGUNAKAN MEDIA AUDIO VISUAL PADA SISWA KELAS XI SMA AT-TAQWA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (843kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (142kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (381kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (495kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (378kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (63kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (180kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

*****ABSTRAK***** Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi belajar dan hasil belajar menggunakan media audio visual. Aspek yang menjadi penilaian konsentrasi adalah mengurutkan angka terkecil ke yang terbesar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan. Dalam penelitian ini menjadi subjek adalah siswa SMA AT-TAQWA kelas XI yang berjumlah 26 orang di bagi menjadi beberapa kelompok, kelompok laki-laki dan kelompok perempuan. Penelitian ini dilakukan secara kolaborasi dengan teman sejawat, guru dan juga kepala sekolah. Prosedur penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif untuk mendapatkan data dan deskripsi data diperoleh dari kesimpulan : konsentrasi belajar dan keterampilan senam ritmik dapat dilihat pada persentase rata-rata skala. Hal ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan untuk siswa yaitu yang semula kategori sangat baik 0,0% menjadi 26,9%, kategori baik 11,5% menjadi 73,1%, dan kategori kurang 80,8% menjadi 0%, kategori sangat kurang dari 7,7% menjadi 0%. Lalu terdapat peningkatan pada keterampilan senam ritmik untuk siswa yaitu yang semula kategori amat baik 0,0% menjadi 46,2%, kategori baik 15,4% menjadi 53,8%, dan kategori cukup 19,2% menjadi 0%, kategori kurang dari 65,4% menjadi 0%. Hal ini juga menunjukkan bahwa konsentrasi mempengaruhi perubahan hasil belajar pada siswa yaitu kategori baik pada konsentrasi yang awalnya 11,5% menjadi 73,1% meningkatkan hasil belajar kategori baik yang awalnya 15,4% menjadi 53,8%. Lalu kategori sangat baik pada konsentrasi yang awalnya 0% menjadi 26,9% meningkatkan hasil belajar kategori amat baik yang awalnya 0% menjadi 46,2%. Hasil persentase siklus 1 pertemuan III sudah memenuhi kriteria keberhasilan yang telah ditetapkan. ******ABSTRACT******* This research aims to improve learning concentration and learning outcomes by using audio-visual media. The aspect that assesses concentration is sorting the numbers from smallest to largest. This research is action research. In this research, the subjects were 26 class XI students at SMA AT-TAQWA who were divided into several groups, namely the boys group and the girls group. This research was conducted in collaboration with colleagues, teachers and school principals. The research procedure was carried out using a quantitative descriptive approach to obtain data and from the description of the data the conclusion was obtained: learning concentration and rhythmic gymnastics skills can be seen on an average percentage scale. This shows an increase in students, namely from the very good category 0.0% to 26.9%, the good category 11.5% to 73.1%, and the poor category 80.8% to 0%, the very less than 7.7% to 0%. Then there was an increase in students' rhythmic gymnastics skills, namely from the very good category from 0.0% to 46.2%, the good category from 15.4% to 53.8%, and the sufficient category from 19.2% to 0%, the poor category from from 65.4% to 0%. This also shows that concentration has an effect on changes in student learning outcomes, namely from the good category of concentration which was initially 11.5% to 73.1%, increasing learning outcomes from the good category which was initially 15.4% to 53.8%. Then the concentration in the very good category, which was initially 0%, became 26.9%, thereby increasing learning outcomes in the very good category, which was initially 0%, to 46.2%. The percentage of results from cycle 1 of meeting III has met the predetermined success criteria. Keywords: Learning Concentration, learning outcomes, Audio Visual, Rhythmic Gymnastics

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Fahmy Fachrezzy, M.Pd. ; 2) Dwi Indra Kurniawan, M.Pd.
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Olah Raga Dalam Ruangan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga > Aneka Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: SOPYAN .
Date Deposited: 23 Jul 2024 00:54
Last Modified: 23 Jul 2024 00:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/45967

Actions (login required)

View Item View Item