EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DENGAN MENGGUNAKAN DISCREPANCY EVALUATION MODEL (DEM) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG

AIZA NABILA HASAN, . (2024) EVALUASI PROGRAM PRAKTIK KERJA LAPANGAN (PKL) DENGAN MENGGUNAKAN DISCREPANCY EVALUATION MODEL (DEM) PADA KOMPETENSI KEAHLIAN MULTIMEDIA DI SMK NEGERI KOTA BANDAR LAMPUNG. Magister thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB I - Pendahuluan.pdf

Download (296kB)
[img] Text
BAB II - Kajian Teoretik.pdf
Restricted to Registered users only

Download (479kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III - Metodologi Penelitian.pdf
Restricted to Registered users only

Download (668kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV - Hasil Analisis dan Pembahasan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V - Kesimpulan dan Saran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (154kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (247kB)
[img] Text
Lampiran dan Daftar Riwayat Hidup_compressed.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Dibalik tujuan program PKL yang memiliki banyak keunggulan, program PKL masih mempunyai banyak permasalahan yang terjadi, dalam pelaksanaan PKL di SMK kota Bandar Lampung saat ini menurut pengamatan yang dilakukan oleh peneliti melalui observasi ke sekolah yaitu adanya kesenjangan antara kinerja dan standar PKL. Maka dibutuhkan solusi untuk menjawab kendala yang dihadapi tersebut yaitu dengan mengevaluasi progam untuk mengetahui kesenjangan. Tujuan penelitian ini adalah 1) menganalisis hasil evaluasi program PKL pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Negeri kota Bandar Lampung dari sudut pandang desain (definition stage), 2) menganalisis hasil evaluasi program PKL pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Negeri kota Bandar Lampung dari sudut pandang instalasi (instalation stage), 3) menganalisis hasil evaluasi program PKL pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Negeri kota Bandar Lampung dari sudut pandang proses (process stage), 4) menganalisis hasil evaluasi program PKL pada kompetensi keahlian multimedia di SMK Negeri kota Bandar Lampung dari sudut pandang hasil (product stage). Penelitian ini menggunakan pendekatan gabungan (mixed methode) dengan metode penelitian concurrent triangulation strategy, jika ditemukan perbedaan data maka akan dilakukan trianggulasi sumber data. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dengan statistika deskriptif dan kualitatif dengan Miles dan Huberman. Dalam penelitian ini menggunakan model discrepancy evaluation model (DEM), yang meliputi empat aspek: (1) desain, (2) instalasi, (3) proses, dan (4) produk. Berdasarkan hasil penelitian pada tahap desain, program PKL sudah didefinisikan dengan baik pada Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri Kota Bandar Lampung, pada tahap instalasi masih ditemukan ada kesenjangan dalam pelaksanaan sebuah program PKL pada Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri Kota Bandar Lampung, pada tahap proses, sudah tercapaian hasil jangka pendek dari program PKL pada Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri Kota Bandar Lampung, dan pada tahap produk, belum sepenuhnyya tercapaian tujuan akhir program PKL pada Kompetensi Keahlian Multimedia di SMK Negeri Kota Bandar Lampung. Kata Kunci: Evaluasi Program, PKL, DEM, SMK Behind the aim of the PKL program which has many advantages, the PKL program still has many problems that occur, in the implementation of PKL in Vocational Schools in the city of Bandar Lampung currently according to observations made by researchers through school observations, namely that there is a gap between performance and PKL standards. So a solution is needed to address these obstacles, namely by launching a program to determine alignment. The aims of this research are 1) to analyze the results of the evaluation of the PKL program on multimedia skills competency at State Vocational Schools in Bandar Lampung City from a design point of view (definition stage), 2) to analyze the results of the evaluation of the PKL program on multimedia skills competencies at State Vocational Schools in Bandar Lampung City from this point of view. installation (installation stage), 3) analyze the results of the evaluation of the PKL program on multimedia skills competency at State Vocational Schools in Bandar Lampung City from a process perspective (process stages), 4) analyze the results of the evaluation of the PKL program on multimedia skills competencies at State Vocational Schools in Bandar Lampung City from results point of view (product stage). This research uses a mixed method with a concurrent triangulation strategy research method. If differences in data are found then triangulation of data sources will be carried out. Data analysis used in this research uses quantitative data analysis with descriptive and qualitative statistics with Miles and Huberman. This research uses the discrepancy evaluation model (DEM), which includes four aspects: (1) design, (2) installation, (3) process, and (4) product. Based on the results of research at the design stage, the PKL program has been well defined in the Multimedia Skills Competency at State Vocational Schools in Bandar Lampung City, at the installation stage there were still errors found in the implementation of a PKL program at the Multimedia Skills Competency at State Vocational Schools in Bandar Lampung City, at the process stage , the short-term results of the PKL program on Multimedia Skills Competency at State Vocational Schools in Bandar Lampung City have been achieved, and at the product stage, the final goal of the PKL program on Multimedia Skills Competency at State Vocational Schools in Bandar Lampung City has not yet been fully achieved. Key Words: Evaluation Program, PKL, SMKN

Item Type: Thesis (Magister)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Ir. Ivan Hanafi, M.Pd 2). Dr. Drs. Riyadi, S.T., M.T
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S2 Pendidikan Teknologi dan Kejuruan
Depositing User: Aiza Nabila Hasan .
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:00
Last Modified: 25 Jul 2024 06:00
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46030

Actions (login required)

View Item View Item