MODEL PEMBELAJARAN SMASH DAN BLOCK BOLA VOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS

MUHAMMAD RAFI AL GHIFARI, . (2024) MODEL PEMBELAJARAN SMASH DAN BLOCK BOLA VOLI PADA SISWA SEKOLAH MENENGAH ATAS. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (295kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (626kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (430kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (226kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (225kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

******ABSTRAK****** Permainan bola voli adalah permainan yang tidak mudah dilakukan oleh setiap siswa sekolah menengah atas. Permainan bola voli memerlukan penguasaan teknik dasar yang baik agar pembelajaran dapat berjalan efektif. Maka dari itu diperlukan beberapa inovasi terkait pembelajaran bola voli agar siswa mampu menguasai teknik dasar yang diperlukan. Penelitian skripsi ini ditulis dengan tujuan untuk menghasilkan produk pembelajaran yang terbaru, yaitu membuat model pembelajaran smash dan block bola voli pada siswa sekolah menengah atas. Pengambilan data dilakukan pada bulan Mei-Juni 2024. Metode penelitian yang diterapkan merupakan metode Research and Development. Model pengembangan yang digunakan adalah model ADDIE. Data yang diperoleh didapat dengan divalidasi oleh tiga orang pakar dalam penelitian tersebut. Berdasarkan hasil evaluasi para pakar yang ahli di bidangnya dari model pembelajaran yang berjumlah 21 model pembelajaran. Dari hasil validasi pakar yaitu 4 model pembelajaran dinilai tidak layak dan 17 model pembelajaran dianggap layak. Hasil yang didapatkan dari angket siswa pada skala kecil adalah 87,85% untuk tingkat kemudahan dan 86.66% untuk tingkat kemenarikan, kemudian hasil yang didapatkan dari angket siswa skala besar SMA Negeri 33 Jakarta adalah 87,11% untuk tingkat kemudahan dan 87,63% untuk tingkat kemenarikan, kemudian hasil yang didapatkan dari angket siswa skala besar SMA Negeri 95 Jakarta adalah 86,91% untuk tingkat kemudahan dan 87,14% untuk tingkat kemenarikan, selanjutnya hasil yang didapatkan pada skala eksperimen adalah 87,18% untuk tingkat kemudahan dan 87,50% untuk tingkat kemenarikan dari model pembelajaran smash dan block bola voli yang peneliti buat. Disimpulkan bahwa model pembelajaran smash dan block bola voli pada siswa sekolah menengah atas efektif dan dapat dijadikan acuan atau pedoman bagi guru pendidikan jasmani dalam proses pembelajaran bola voli. *****ABSTRACT***** Volleyball is a game that is not easy for every high school student to play. The game of volleyball requires good mastery of basic techniques so that learning can be effective. Therefore, several innovations related to volleyball learning are needed so that students are able to master the basic techniques needed. This thesis research was written with the aim of producing the latest learning product, namely creating a volleyball smash and block learning model for high school students. Data collection was carried out in May-June 2024. The research method applied was the Research and Development method. The development model used is the ADDIE model. The data obtained was validated by three experts in the research. Based on the evaluation results of experts in their fields, there are 21 learning models. From the results of expert validation, 4 learning models were deemed unfeasible and 17 learning models were deemed feasible. The results obtained from the small-scale student questionnaire were 87.85% for the level of ease and 86.66% for the level of attractiveness, then the results obtained from the large-scale student questionnaire at 33 Jakarta Senior High School were 87.11% for the level of ease and 87.63%. for the level of attractiveness, then the results obtained from the large-scale student questionnaire at 95 Jakarta Senior High School were 86.91% for the level of ease and 87.14% for the level of attractiveness, then the results obtained on the experimental scale were 87.18% for the level of ease and 87.50% for the level of attractiveness of the volleyball smash and block learning model that the researchers created. It was concluded that the volleyball smash and block learning model for high school students was effective and could be used as a reference or guide for physical education teachers in the volleyball learning process.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Samsudin, M.Pd. 2). Dr. Iwan Setiawan, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Pendidikan Jasmani
Depositing User: Users 22499 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 01:28
Last Modified: 24 Jul 2024 01:28
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46107

Actions (login required)

View Item View Item