MODEL PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SARANA BERMAIN ANAK USIA 7-9 TAHUN DI KAMPUNG GEMPOL

NUR FAUZIAH, . (2020) MODEL PERMAINAN EDUKATIF SEBAGAI SARANA BERMAIN ANAK USIA 7-9 TAHUN DI KAMPUNG GEMPOL. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
1. COVER.pdf

Download (523kB)
[img] Text
2. BAB 1.pdf

Download (173kB)
[img] Text
3. BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (371kB) | Request a copy
[img] Text
4. BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (189kB) | Request a copy
[img] Text
5. BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
6. BAB 5.pdf

Download (155kB)
[img] Text
7. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (161kB)
[img] Text
8. LAMPIRAN.pdf

Download (2MB)

Abstract

RINGKASAN NUR FAUZIAH, “Model Permainan Edukatif Sebagai Sarana Bermain Anak Usia 7-9 tahun di Kampung Gempol”. Skripsi : Jakarta, Program Studi Ilmu Keolahragaan Konsentrasi Olahraga Rekreasi, Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Jakarta, 2020. Penelitian ini bertujuan untuk membuat model permainan edukatif khususnya untuk anak usia 7-9 tahun. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (research and development) menurut Borg and Gall. Waktu penelitian selama satu bulan terhitung bulan Desember 2019. Melalui uji validasi yang dilakukan dengan menggunakan uji justifikasi ahli, penelitian ini menghasilkan produk yang berupa model permainan edukatif sebagai sarana bermain sebanyak 17 item model. Model permainan edukatif ini dibuat menggunakan bahan yang mudah ditemukan di lingkungan sekitar dan mudah dicari. Subjek penelitian ini adalah 15 anak sebagai subjek uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar melibatkan 25 anak. Tujuan model permainan ini adalah membuat permainan dengan alat yang mudah didapat dilingkungan sekitar, dan dapat dimainkan pada waktu luang. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan bahwa model permainan edukatif sebagai sarana bermain ini layak diterapkan dan digunakan. Hasil akhir dari model permainan edukatif sebagai sarana bermain anak usia 7-9 tahun di kampung gempol berupa buku model permainan edukatif. Kata Kunci : Permainan edukatif, sarana bermain, anak usia 7-9 tahun ABSTRACT NUR FAUZIAH, "Educational Game Model as a Means to Play Children 7-9 Years in Gempol Village". Thesis: Jakarta, Sports Science Study Program Concentration in Recreational Sports, Faculty of Sport Science, Jakarta State University, 2020. This study aims to create an educational game model especially for children aged 7-9 years. The method used in this research is the research and development method according to Borg and Gall. The study period is 1 month from December 2019. Through the validation test conducted using the expert justification test, this study produced a product in the form of an educational game model as a means of playing as many as 17 item models. This educational game model is made using materials that are easily found in the surrounding environment and are easy to find. The subjects of this study were 15 children as the subjects of small group trials and large group trials involving 25 children. The purpose of this game model is to make games with tools that are easily available in the surrounding environment, and can be played at leisure. Based on the results of the study showed that the educational game model as a means of playing is feasible to be applied and used. The final result of the educational game model as a means of playing children aged 7-9 years in the village of Gempol in the form of an educational game model book. Keywords: Educational games, means of playing, children 7-9 years old

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1. Dr. Sri Nuraini, M.Pd 2. Hartman Nugraha, M.Pd
Subjects: Olah Raga dan Seni Pertunjukan > Pendidikan Olah Raga
Divisions: FIO > Olahraga Rekreasi
Depositing User: Users 1168 not found.
Date Deposited: 11 Mar 2020 15:05
Last Modified: 11 Mar 2020 15:05
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/4628

Actions (login required)

View Item View Item