ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) UNJ DENGAN METODE WEBQUAL 4.0

SYIFA FAUZIAH, . (2024) ANALISIS KEPUASAN PENGGUNA PADA SISTEM INFORMASI AKADEMIK (SIAKAD) UNJ DENGAN METODE WEBQUAL 4.0. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
BAB 1.pdf

Download (300kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (527kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (615kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (248kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sistem informasi akademik berbasis web di perguruan tinggi dirancang sebagai media informasi serta layanan akademik, khususnya kepada para mahasiswa aktif. Webqual 4.0 adalah suatu metode pengukuran kualitas sistem informasi berbasis web yang sejalan dengan tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kualitas website SIAKAD UNJ berdasarkan kepuasan pengguna khususnya mahasiswa serta sebagai bahan evaluasi perbaikan. Webqual 4.0 memiliki parameter kualitas kegunaan, kualitas informasi, dan kualitas interaksi layanan. Indikator kepuasan pengguna dalam penelitian ini diadaptasi dari metode Servqual Parasuraman. Setiap variabel memuat beberapa pernyataan, dimuat dalam format kuesioner, dan pengisian pilihan jawaban menggunakan skala Likert. Mahasiswa aktif angkatan tahun 2021 dan 2022 menjadi responden pada penelitian ini. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini sebanyak 100 responden. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi dengan bantuan software SPSS versi 29. Dari hasil uji hipotesis dengan menggunakan teknik analisis data tersebut, disimpulkan bahwa hubungan antar variabel X (kualitas website) dengan Y (kepuasan pengguna) adalah kuat dan linear serta pengaruh variabel X terhadap Y sebesar 66,2%. Analisis statistik deskriptif tanggapan responden pada penelitian ini menggunakan nilai kuartil terhadap nilai mean (rata-rata) setiap item pernyataan. Hasilnya nilai kepuasan pengguna sebesar 77,2% terhadap website SIAKAD UNJ yang memenuhi kriteria baik, namun ada beberapa hal yang nilainya masih kurang maka hal tersebut dapat dijadikan bahan evaluasi/perbaikan untuk website SIAKAD UNJ kedepannya. Kata kunci: Webqual 4.0, website SIAKAD UNJ, Kepuasan Pengguna Web-based academic information systems in universities are designed as a medium of information and academic services, especially for active students. Webqual 4.0 is a method of measuring the quality of web-based information systems in line with the purpose of this study, namely, to determine the level of quality of the SIAKAD UNJ website based on user satisfaction, especially students, and as material for evaluating improvements. Webqual 4.0 has parameters of quality of usability, quality of information, and quality of service interaction. The user satisfaction indicators in this research were adapted from Servqual Parasuraman method. Each variable contains several statements, is loaded in questionnaire format, and fills in answer choices using the Likert scale. Active students of the 2021 and 2022 batches were respondents to this study. The number of samples used in this study was 100 respondents. Data analysis techniques use correlation analysis and regression analysis with the help of SPSS software version 29. From the results of the hypothesis test using these data analysis techniques, it was concluded that the relationship between variable X (website quality) and Y (user satisfaction) was strong and linear, and the influence of variable X on Y was 66.2%. Descriptive statistical of respondents' responses in this study uses quartile values against the mean value (average) of each statement item. The result is a user satisfaction score of 77,2% on the SIAKAD UNJ website that meets the criteria is good, but there are some things whose value is still lacking so that it can be used as evaluation/improvement material for the SIAKAD UNJ website in the future. Keywords: Webqual 4.0, SIAKAD UNJ website, User Satisfaction

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Z.E. Ferdi Fauzan Putra, S.Pd., M.Pd.T. 2). Murien Nugraheni, S.T., M.Cs.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Syifa Fauziah .
Date Deposited: 25 Jul 2024 01:14
Last Modified: 25 Jul 2024 01:14
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46317

Actions (login required)

View Item View Item