PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF DI SMP NEGERI 7 JAKARTA)

Rut Lammarito Sianturi, . (2024) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN ROLE PLAYING TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA (STUDI KUANTITATIF DI SMP NEGERI 7 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (3MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran role playing terhadap hasil belajar peserta didik pada mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. Penelitian dilakukan selama bulan Februari sampai dengan April 2024. Populasi target yaitu peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Jakarta. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah Simple Random Sampling. Dengan sistem undian dan didapatkan 2 kelas sebagai sampel penelitian, yaitu kelas VII H sebagai kelas eksperimen dan VII F sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan adalah (Quasi Eksperimen) dengan desain One Grup Pre-Test dan Post-test design. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII F dan VII H SMP Negeri 7 Jakarta sebanyak 60 peserta didik dengan menggunakan Teknik Purposive Sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah Uji-t yang diperoleh hasil taraf signifikansi sebesar 0,00. Taraf signifikansi tersebut lebih kecil dari α= 0,05 (signifikansi < 0,05). Hal tersebut diartikan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini ditunjukkan dengan perbedaan hasil post-test kelas eksperimen dan kelas kontrol, yaitu kelas eksperimen lebih unggul sebesar 80,67 dengan menggunakan model pembelajaran role playing, sedangkan kelas kontrol dengan menggunakan model pembelajaran diskusi hanya sebesar 75,50. Kesimpulan penelitian ini menyatakan bahwa model pembelajaran Role Playing memiliki pengaruh signifikan terhadap hasil belajar mata pelajaran pendidikan Pancasila pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Jakarta.", Kata Kunci: Model Pembelajaran Role Playing, Hasil Belajar Peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila. This study aims to determine the effect of the application of the role playing learning model on student learning outcomes in Pancasila Education Subjects. The research was conducted from February to April 2024. The target population is seventh grade students of SMP Negeri 7 Jakarta. The technique used in sampling is Simple Random Sampling. With a lottery system and obtained 2 classes as research samples, namely class VII H as an experimental class and VII F as a control class. The method used is (Quasi Experiment) with One Group Pre-Test and Post-test design. The population and samples in this study were VII F and VII H students of SMP Negeri 7 Jakarta as many as 60 students using Purposive Sampling Technique. The data analysis technique used is the t-test which obtained a significance level of 0.00. The significance level is smaller than α = 0.05 (significance <0.05). This means that Ho is rejected and Ha is accepted. This is indicated by the difference in the post-test results of the experimental and control classes, namely the experimental class is superior at 80.67 by using the role playing learning model, while the control class using the discussion learning model is only 75.50. The conclusion of this study states that the Role Playing learning model has a significant effect on the learning outcomes of Pancasila subjects in class VII students of SMP Negeri 7 Jakarta.", Keywords: Role Playing Learning Model, Student Learning Outcomes in Pancasila Subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Etin Solihatin, M.Pd 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan Dasar
Pendidikan > Media Pembelajaran
Pendidikan > Aneka Ragam tentang Pendidikan
Pendidikan > Pendidikan Dasar > Pendidikan Anak
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22552 not found.
Date Deposited: 24 Jul 2024 23:11
Last Modified: 24 Jul 2024 23:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46329

Actions (login required)

View Item View Item