PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 85 JAKARTA

FAJAR MUSTAJAB, . (2024) PERSEPSI PESERTA DIDIK TENTANG LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 85 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (695kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (284kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (237kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (339kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (513kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (205kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (279kB)
[img] Text
LAMPIRAN DAN RIWAYAT HIDUP.pdf
Restricted to Registered users only

Download (703kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi peserta didik terhadap literasi digital dalam pembelajaran sejarah di SMA Negeri 85 Jakarta. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Data penelitian ini diperoleh dari membagikan kuesioner online kepada peserta didik SMA Negeri 85 Jakarta. Didapatkan sebanyak 86 responden dari kelas X dan XI. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa minat peserta didik terhadap literasi digital dalam pembelajaran sejarah cukup tinggi. Namun banyaknya sumber informasi di internet yang belum bisa dipastikan kebenarannya bisa menjadi hambatan ketika mempelajari sejarah lewat internet. Secara lebih spesifik, hasil penelitian ini dibagi menjadi tiga bagian, yaitu : 1) minat peserta didik terhadap literasi digital dalam pembelajaran sejarah, 2) efektivitas literasi digital terhadap pemahaman pembelajaran sejarah peserta didik, dan 3) peran guru ketika peserta didik mempelajari sejarah melalui sumber internet. Minat peserta didik terhadap literasi digital menunjukkan hasil yang cukup tinggi dengan rerata persentase sebanyak 67,6% berpendapat positif. Hampir semua peserta didik mendukung penggunaan sumber internet dalam pembelajaran sejarah dengan persentase sebanyak 95,3%. Terkait dengan efektivitas literasi digital, peserta didik mengaku bahwa pembelajaran melalui sumber internet cukup efektif dalam mendukung pembelajaran sejarah dengan rerata persentase sebanyak 71% berpendapat positif. Sementara peran guru ketika peserta didik mempelajari sejarah melalui sumber internet cukup baik dengan rerata persentase sebanyak 64,4% berpendapat positif. Menurut peserta didik, guru membantu siswa dalam menyaring kebenaran informasi dari internet.*****The purpose of this study was to determine students' perception on the digital literacy for history education at SMA Negeri 85 Jakarta. The research method used in this study is descriptive quantitative. Research data were obtained from distributing online questionnaires to students at SMA Negeri 85 Jakarta. Total respondents are 86 students from X and XI grade. The results of this research show that students' interest in digital literacy in history education is high enough. However, the many sources of information on the internet whose veracity cannot be ascertained can be an obstacle when studying history via the internet. More specifically, the results of this study are divided into three parts : 1) students' interest in digital literacy in learning, 2) the effectiveness of digital literacy on students' understanding of history learning, dan 3) The role of the teacher when students learning history through internet sources. Students' interest in digital literacy shows high enough results with an average percentage of 67.6% having a positive opinion. Almost all students support the use of internet sources in learning history with a percentage of 95.3%. Regarding the effectiveness of digital literacy, students admitted that learning via internet sources was effective enough in supporting history learning with an average percentage of 71% having a positive opinion. Meanwhile, the role of teachers when students study history through internet sources is good enough with an average percentage of 64.4% having a positive opinion. According to students, teachers help students in filtering the truth of information from the internet.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abrar, M.Hum. ; 2). M. Hasmi Yanuardi, S.S., M.Hum.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Fajar Mustajab .
Date Deposited: 24 Jul 2024 23:57
Last Modified: 24 Jul 2024 23:57
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46433

Actions (login required)

View Item View Item