KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) (STUDI DESKRIPTIF KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BOGOR)

MOHAMMAD ALDIANSYAH MALIK, . (2024) KREATIVITAS PESERTA DIDIK PADA PROGRAM PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA (P5) (STUDI DESKRIPTIF KELAS VII SMP NEGERI 6 KOTA BOGOR). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (821kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (269kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (300kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (343kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (649kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (249kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kreativitas peserta didik pada program P5 yang dilaksanakan di kelas VII SMP Negeri 6 Kota Bogor. Metode yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VII dengan teknik pengumpulan data melalui angket atau kuesioner, wawancara, studi kepustakaan, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah dengan pendekatan secara kuantitatif dengan data yang bersumber dari data primer yang kemudian dianalisis dan diukur. Analisis yang dilakukan menggunakan teknik analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kreativitas peserta didik kelas VII di SMP Negeri 6 Kota Bogor dominan berkategori tinggi yang artinya berada di atas rata-rata dari kriteria sesuai perhitungan dan berdasarkan dimensi kreativitas indikator memiliki rasa ingin tahu yang besar sehingga dapat menghasilkan ide baru, mengajukan pertanyaan yang berbobot untuk membangun daya kreatif yang menghasilkan suatu karya, dan memberikan solusi terhadap suatu masalah sebagai keluwesan dalam berpikir. Dari ketiga indikator peserta didik dominan mengajukan pertanyaan yang berbobot untuk membangun daya kreatif yang menghasilkan suatu karya karena menunjukkan kategori sangat tinggi pada indikator tersebut. ***** The study aims to identify and describe the creativity of student in the P5 program at 7th grade student SMP Negeri 6 Kota Bogor. The research method used is descriptive with a quantitative approach. The subjects of this study are student of grade 7 with data collection techniques through lifts or questionnaires, interviews, literature studies and documentation. The data analysis technique used in this study is a quantitative approach with data sourced from primary data, which is then analyzed and measured. In this study, an analysis will carry out using psychological drafting scale. The results of the research show that the creativity of class VII students at SMP Negeri 6 Bogor City is dominantly in the high category, which means it is above the average according to the calculation criteria and based on the dimensions of creativity indicators, they have great curiosity so they can generate new ideas, ask questions weighted to build creative power that produces work, and provide solutions to problems as flexibility in thinking. Of the three indicators, students predominantly ask meaningful questions to build creative power that produces work because they show a very high category on these indicators.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Budiaman, M.Si. ; 2). Shahibah Yuliani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas > Metode Belajar Mengajar
Divisions: FIS > S1 Pendidikan IPS
Depositing User: Mohammad Aldiansyah Malik .
Date Deposited: 25 Jul 2024 04:24
Last Modified: 25 Jul 2024 04:24
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46472

Actions (login required)

View Item View Item