PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN 1 DALAM MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK MALAKA JAKARTA

ARYA YUDHA SATRIATAMA, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI TEKNIK KENDARAAN RINGAN 1 DALAM MATA PELAJARAN KELISTRIKAN OTOMOTIF DI SMK MALAKA JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (3MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (1MB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pendidikan dikatakan berhasil jika tercapai peningkatan kualitas pendidikan, salah satu cara dari mampu mencapainya kualitas pendidikan adalah meningkatnya hasil dari pembelajaran. Pada mata pelajaran kelistrikan otomotif yang ada di SMK Malaka Jakarta hingga sekarang ini masih banyak peserta didik yang merasa bahwa mata pelajaran tersebut tidak atraktif untuk dipelajari, rumit dipahami dan membosankan. Sehingga, hasil belajar pada mata pelajaran kelistrikan otomotif menjadi kurang baik. Penelitian ini menggunakan tipe penelitian campuran (kuantitatif dan kualitatif) dengan menerapkan model penelitian tindakan kelas menurut Kemmis & Taggart. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah hasil belajar yang diperoleh melalui penerapan model pembelajaran PBL pada materi Sistem Penerangan dan Panel Instrumen telah meningkat. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya presentase ketuntasan hasil belajar peserta didik sebanyak 52% pada siklus 1 dan menjadi 100% pada siklus II. Hasil uji hipotesis menunjukkan t-tabel sebesar 2,064 dengan α = 0,025 dan db = n-1 = 24. Hasil perhitungan Independent T-Test menunjukkan bahwa t- hitung lebih besar dari t-tabel atau 6,29 lebih besar dari 2,064 atau 6,29 > 2,064 yang berarti Ho ditolak sehingga terdapat perbedaan yang signifikan antara pra-siklus dan siklus I dalam penerapan model pembelajaran PBL terhadap hasil belajar. Data tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Peserta didik kelas XI TKR I di SMK Malaka Jakarta pada mata pelajaran kelistrikan otomotif Education is said to be successful if the improvement of the quality of education is achieved, one of the ways of being able to achieve the quality of education is to increase the results of learning. In the automotive electrical subject at SMK Malaka Jakarta until now, there are still many students who feel that the subject is not attractive to learn, complicated to understand and boring. Thus, the learning outcomes in automotive electrical subjects are not good. This study uses a mixed type of research (quantitative and qualitative) by applying the classroom action research model according to Kemmis & Taggart. The purpose of this study is to find out whether the learning outcomes obtained through the application of the PBL learning model on Lighting System and Instrument Panel materials have increased. The result of this study is an increase in the percentage of completeness of student learning outcomes by 52% in cycle 1 and to 100% in cycle II. The results of the hypothesis test show a t-table of 2.064 with α = 0.025 and db = n-1 = 24. The results of the Independent T-Test calculation showed that t-count was greater than t-table or 6.29 greater than 2.064 or 6.29 > 2.064 which meant that Ho was rejected so that there was a significant difference between precycle and cycle I in the application of the PBL learning model to learning outcomes. The data shows that the application of the PBL learning model can improve the learning outcomes of students in grade XI TKR I at SMK Malaka Jakarta in automotive electrical subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Basuki Wibawa, M.M. 2). Dra. Ratu Amilia Avianti, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Mesin, Mekanika Teknik
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Mesin
Depositing User: Arya Yudha Satriatama .
Date Deposited: 25 Jul 2024 06:13
Last Modified: 25 Jul 2024 06:13
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46569

Actions (login required)

View Item View Item