UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DI SMA NEGERI 70 JAKARTA

RAKA RAHMAN PUTRA, . (2024) UPAYA MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SEJARAH MELALUI MODEL SNOWBALL THROWING DI SMA NEGERI 70 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (263kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (492kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (167kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (350kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini membahas mengenai upaya meningkatkan minat belajar sejarah di SMA Negeri 70 Jakarta terutama dikelas X-I melalui model snowball throwing. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran sejarah di SMA Negeri 70 Jakarta menggunakan model pembelajaran snowball throwing. Penelitian ini dilakukan pada tahun ajaran 2023/2024 di kelas X-I SMA Negeri 70 Jakarta yang berjumlah 36 siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pelaksanaan tiga siklus yang menggunakan empat tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Dalam penelitian ini tenaga pendidik yaitu guru sejarah SMA Negeri 70 Jakarta, Aris Setyanto, S.Pd, bergerak sebagai kolaborator dan peneliti menjalankan tugasnya sebagai peneliti. Data yang dihasilkan dalam penelitian ini menunjukan bahwa terdapat peningkatan minat belajar sejarah siswa. Pada kegiatan pra-siklus didapatkan tingkat minat belajar sejarah siswa kelas X-I berdasarkan indikator adalah 62.6% atau dalam kategori minat belajar cukup. Pada siklus I penerapan snowball throwing, beberapa siswa masih ada yang terlihat kurang fokus dalam mengikuti pembelajaran dan mengobrol yang menyebabkan tingkat minat belajar peserta didik sebesar 60,19% atau dalam kategori cukup, kemudian pada siklus II minat belajar sejarah siswa mengalami peningkatan sebesar 72,80% atau dalam kategori cukup, dalam tahap ini, siswa sudah mulai fokus mengikuti pembelajaran dan mayoritas kelompok sudah memperhatikan dengan baik. Siklus III tingkat minat belajar siswa sebesar 87,60% atau dalam kategori sangat tinggi. Berdasarkan hasil penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model snowball throwing mampu meningkatkan minat belajar sejarah siswa kelas X-I SMA Negeri 70 Jakarta pada materi Kerajaan Hindu-Buddha di Indonesia. This study discusses efforts to increase interest in learning history at SMA Negeri 70 Jakarta, particularly in class X-I, through the snowball throwing model. The purpose of this research is to enhance students' interest in history subjects at SMA Negeri 70 Jakarta using the snowball throwing learning model. This research was conducted during the 2023/2024 academic year in class X-I of SMA Negeri 70 Jakarta, comprising 36 students. The research method used in this study is classroom action research (PTK) with the implementation of three cycles, each consisting of four stages: planning, implementation, observation, and reflection. In this study, the history teacher at SMA Negeri 70 Jakarta, Aris Setyanto, S.Pd, acted as a collaborator, while the researcher acted as the principal investigator. The data generated from this study indicate an increase in students' interest in learning history. During the pre-cycle activities, the motivation level of class X-I students to learn history was 62.6% based on indicators, which falls into the category of moderate interest. In the first cycle of implementing snowball throwing, some students were still observed to be less focused during the learning process, resulting in an overall interest level of 60.19%, still in the moderate category. In the second cycle, students' interest in learning history increased to 72.80%, also in the moderate category, with students beginning to focus more on the learning process and most groups paying better attention. In the third cycle, students' interest level rose to 87.60%, categorized as very high. Based on these research findings, it can be concluded that the snowball throwing model is capable of increasing the interest in learning history among class X-I students at SMA Negeri 70 Jakarta on the topic of Hindu-Buddhist kingdoms in Indonesia.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Djunaidi, M.Hum 2). Firdaus Hadi Santosa, M.Pd
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Penelitian Tindakan Kelas
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Sejarah
Depositing User: Users 22826 not found.
Date Deposited: 25 Jul 2024 22:35
Last Modified: 25 Jul 2024 22:35
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46614

Actions (login required)

View Item View Item