PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA “SOFAR”(STUDYING OF A MORAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS X MATERI MENGHINDARI AKHLAK MADZMUMAH DAN MEMBIASAKAN AKHLAK MAHMUDAH

BIMA JOY PRADANA, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS CANVA “SOFAR”(STUDYING OF A MORAL) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PAI KELAS X MATERI MENGHINDARI AKHLAK MADZMUMAH DAN MEMBIASAKAN AKHLAK MAHMUDAH. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (666kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (339kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (359kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (361kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (259kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) Menganalisis kebutuhan media pembelajaran pada Materi Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah, (2) Merancang media pembelajaran berbasis Canva untuk materi Materi Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah (3) Membuat dan menghasilkan produk media pembelajaran berbasis Canva SOFAR yang layak digunakan, (4) Mengimplementasikan media pembelajaran berbasis Canva SOFAR pada Materi Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah tersebut, dan (5) Mengevaluasi media pembelajaran SOFAR pada Materi Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation) yang dikembangkan oleh Robert Maribe Branch. Pada tahap Analysis, dilakukan studi pendahuluan untuk mengidentifikasi permasalahan dalam pembelajaran. Tahap Design melibatkan pembuatan Papan Cerita (Storyboard), Garis Besar Isi Media, Perancangan Dasar Tampilan, dan Peta Materi. Pada tahap Perancangan, media pembelajaran dikembangkan hingga siap untuk divalidasi dan diuji coba. Tahap Impelmentasi melibatkan siswa mengerjakan soal pretest dan posttest setelah menggunakan media pembelajaran SOFAR. Pada tahap Evaluasi, hasil dari setiap tahap dianalisis dan dilakukan revisi terhadap media pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X-C di SMAN 88 Jakarta. Hasil validasi menunjukkan bahwa media pembelajaran tersebut memenuhi kriteria kelayakan dengan nilai dari validator ahli media sebesar 72%, ahli materi 96% dengan kategori sangat layak, dan ahli bahasa 90% dengan kategori sangat layak. Selain itu, media pembelajaran SOFAR juga dinilai sangat menarik berdasarkan angket respon guru sebesar 96% dan angket respon siswa sebesar 81,4%. Nilai Normalized Gain yang diperoleh adalah 0,457, yang termasuk dalam kategori sedang, menunjukkan bahwa media pembelajaran SOFAR ini efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada materi Menghindari Akhlak Madzmumah dan Membiasakan Akhlak Mahmudah. ***** The objectives of this research are to: (1) Analyze the need for learning media in the material "Avoiding Negative Character Traits and Cultivating Positive Character Traits," (2) Design Canva-based learning media for the material "Avoiding Negative Character Traits and Cultivating Positive Character Traits," (3) Development and produce a suitable Canva-based learning media product called SOFAR, (4) Implement the Canva-based learning media SOFAR for the material "Avoiding Negative Character Traits and Cultivating Positive Character Traits," and (5) Evaluate the SOFAR learning media for the material "Avoiding Negative Character Traits and Cultivating Positive Character Traits."This research uses the Research and Development (R&D) method with the ADDIE model (Analysis, Design, Development, Implementation, and Evaluation) developed by Robert Maribe Branch. In the Analysis stage, a preliminary study is conducted to identify problems in the learning process. The Design stage involves creating a Storyboard, Media Content Outline, Basic Display Design, and Material Map. During the Development stage, the learning media is developed until it is ready to be validated and tested. The Implementation stage involves students taking pretests and posttests after using the SOFAR learning media. In the Evaluation stage, the results of each stage are analyzed, and revisions are made to the learning media. The subjects of this study are students of class X-C at SMAN 88 Jakarta. The validation results indicate that the learning media meets the eligibility criteria, with a score of 72% from media expert validators, 96% from material experts (categorized as very eligible), and 90% from language experts (categorized as very eligible). Additionally, the SOFAR learning media is rated as very attractive, with a teacher response questionnaire score of 96% and a student response questionnaire score of 81.4%. The obtained Normalized Gain score is 0,457, which falls into the medium category, indicating that the SOFAR learning media is effective in improving learning outcomes in the material "Avoiding Negative Character Traits and Cultivating Positive Character Traits."

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Khairil Ikhsan Siregar, Lc., M.A. 2). Rudi M. Barnansyah, M.Pd.I
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Ilmu Agama Islam
Depositing User: Bima Joy Pradana .
Date Deposited: 26 Jul 2024 05:26
Last Modified: 26 Jul 2024 05:26
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46670

Actions (login required)

View Item View Item