PENGEMBANGAN MODEL BERMAIN KREATIF BERBASIS KETERAMPILAN HIDUP ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Penelitian dilakukan di Provinsi Banten, Jawa barat, dan DKI Jakarta)

Rd. RANIE DAMAYANTI, . (2024) PENGEMBANGAN MODEL BERMAIN KREATIF BERBASIS KETERAMPILAN HIDUP ANAK USIA DINI UNTUK MENINGKATKAN KECERDASAN INTERPERSONAL (Penelitian dilakukan di Provinsi Banten, Jawa barat, dan DKI Jakarta). Doktor thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
01 COVER.pdf

Download (543kB)
[img] Text
02 BAB I.pdf

Download (960kB)
[img] Text
03 BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
04 BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
05 BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
06 BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (644kB) | Request a copy
[img] Text
07 DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (860kB)
[img] Text
08 LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah salah satu kemampuan yang sangat penting bagi anak usia dini untuk berinteraksi dengan orang lain. Kebutuhan mengembangkan model bermain baru untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal anak menjadi isu utama di pendidikan anak usia dini. Penelitian ini mengusulkan model bermain kreatif berbasis keterampilan hidup untuk meningkatkan kecerdasan interpersonal. Proses tahapan pengembangan mengadaptasi dan kombinasi dari tiga model: model Borg dan Gall; Dick, Carey, dan Carey; serta Lee dan Owens. Seperangkat multimedia instruksional yang terdiri dari puzzle cetak dan puzzle digital interaktif yang dilengkapi dengan buku panduan diuji kelayakannya oleh para ahli dan anak. Sejumlah 204 anak dari enam lembaga pendidikan anak usia dini yang tersebar di Provinsi Banten, Jawa Barat, dan DKI Jakarta berpartisipasi dalam penelitian ini. Peneliti menerapkan desain pretest-posttest kelompok tunggal. Pengujian nilai pretest dan posttest menghasilkan tingkat efektivitas model bermain kreatif berbasis keterampilan hidup. Peneliti menggunakan kuesioner kecerdasan interpersonal untuk mengeksplorasi kemampuan anak berinteraksi dengan orang lain pada saat sebelum dan sesudah uji coba model bermain yang dikembangkan. Uji t sampel berpasangan menunjukkan perbedaan yang signifikan secara statistik dalam kecerdasan interpersonal anak sebelum perlakuan (rata-rata pretes = 69.13) dan setelah perlakuan (rata-rata pretes = 93.27). Kedua rata-rata tersebut berbeda secara signifikan sebesar 24.24 dengan p-value kurang dari tingkat alpha (α =.05), ini berarti terjadi peningkatan kecerdasan interpersonal anak usia 3-4 tahun. Dari hasil kenaikan tersebut dapat disimpulkan bahwa model bermain kreatif berbasis keterampilan hidup dengan menggunakan media puzzle cetak dan digital Kretamadu dapat meningkatkan aspek-aspek kecerdasan interpersonal. Adapun aspek-aspek kecerdasan interpersonal yang dikembangkan melalui model bermain kreatif adalah 1) anak mampu peka terhadap orang lain; 2) anak mampu menghargai orang lain; 3) anak mampu berinteraksi dengan orang lain; dan 4) anak mampu meningkatkan hubungan dengan orang lain. Interpersonal intelligence is one of the most crucial abilities for young children to interact with others. The needs to develop a new play model to improve children’s interpersonal intelligence is becoming a significant issue in early childhood education. This study proposes a creative play model based on life skills to improve interpersonal intelligence. The process of development stages adapting and combining three models: Borg & Gall; Dick, Carey, & Carey; and Lee & Owens models. A set of instructional multimedia consisting of printed puzzles and interactive digital puzzles equipped with a guidebook. It was evaluated for feasibility by experts and young children. A total of 204 young children from six early childhood education institutions spread across Banten, West Java, and DKI Jakarta Provinces participated in this study. A researcher applied a single-group pretest-posttest design. Testing of pretest and posttest scores resulted in the level of effectiveness of the life skills-based creative play model. A researcher used the interpersonal intelligence questionnaire to explore the young children’s ability to interact with others before and after the trial of the developed play model. A paired sample t-test showed a statistically significant difference in the young childrens’ interpersonal intelligence before the treatment (pretest mean = 69.13) and after the treatment (posttest mean = 93.27). The two averages differ significantly by 24.24 with a p-value less than the alpha level (α = .05), which means an increase in interpersonal intelligence of children aged 3-4 years. The results of the rise of the creative play model based on life skills using print and digital puzzle media improved the aspects of interpersonal intelligence. The aspects of interpersonal intelligence developed through the creative play model are: 1) children can be sensitive to others; 2) children can respect others; 3) the child can interact with others; and 4) children can improve relationships with others.

Item Type: Thesis (Doktor)
Additional Information: 1). Prof. Dr. M. Syarif Sumantri, M.Pd. 2). Prof. Dr. Yuliani Nurani, M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: PASCASARJANA > S3 Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Rd. Ranie Damayanti .
Date Deposited: 26 Jul 2024 00:56
Last Modified: 26 Jul 2024 00:56
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46674

Actions (login required)

View Item View Item