MUTIA MUHLISA, . (2024) EVALUASI KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU PAI DI SMAN 35 JAKARTA PUSAT MENGGUNAKAN MODEL CIPP. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.
Text
COVER.pdf Download (991kB) |
|
Text
BAB 1.pdf Download (336kB) |
|
Text
BAB 2.pdf Restricted to Registered users only Download (517kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 3.pdf Restricted to Registered users only Download (328kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 4.pdf Restricted to Registered users only Download (498kB) | Request a copy |
|
Text
BAB 5.pdf Restricted to Registered users only Download (268kB) | Request a copy |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf Download (317kB) |
|
Text
LAMPIRAN.pdf Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis kompetensi pedagogik guru PAI SMAN 35 Jakarta Pusat. Guru PAI yang dievaluasi pada penelitian terdapat dua guru yakni guru kelas 10 dan guru kelas 11. Penulis menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product). Pada penelitian ini yang digunakan hanya evaluasi IPP (Input, Process, dan Product) evaluasi Context tidak digunakan karena evaluasi context adalah evaluasi mandiri. Evaluasi IPP tersebut yang nantinya akan dibandingkan modul ajar serta kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran didalam kelas dengan 3 standar pemerintah, yaitu standar isi, standar proses, standar penilaian, dan serta kurikulum. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif evaluatif. Informan pada penelitian ini yaitu guru PAI kelas 10 dan kelas 11, siswa kelas 10 dan kelas 11. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini studi dokumentasi, observasi dengan cara video call, dan wawancara. Hasil penelitian ini ditinjau dari 3 Aspek dalam model CIPP, yaitu Aspek Input yang mengevaluasi pada perencanaan pembelajaran, hasilnya adalah guru PAI kelas 10 kompeten karena melakukan 3 dari 5 indikator kompetensi pedagogik pada aspek input, guru kelas 11 cukup kompeten karena melakukan 2 dari 5 indikator kompetensi pedagogik pada aspek input. Aspek proses yang mengevaluasi kemampuan melaksanakan pembelajaran, hasilnya adalah guru kelas 10 kompeten karena melakukan 3 dari 4 indikator kompetensi pedagogik pada aspek proses, guru kelas 11 cukup kompeten karena melakukan 2 dari 4 indikator kompetensi pedagogik pada aspek proses. Aspek product mengevaluasi pada kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar, hasilnya adalah guru kelas 10 cukup kompeten karena melakukan 1 dari 3 indikator kompetensi pedagogik pada aspek product, guru kelas 11 kurang kompeten karena tidak ada atau tidak komitmen dengan yang sudah ditulis dimodul namun tidak dilaksanakan. ***** This study aims to understand and analyze the pedagogical competence of PAI teachers at SMAN 35 Central Jakarta. The PAI teachers evaluated in this study are two teachers, namely the 10th-grade and 11th-grade teachers. The author uses the CIPP (Context, Input, Process, Product) evaluation model. In this study, only the IPP (Input, Process, Product) evaluation is used; the Context evaluation is not used because it is a self-evaluation. The IPP evaluation will be compared with the teaching modules and the teachers' ability to conduct classroom teaching according to three government standards: content standards, process standards, assessment standards, and the curriculum. This study uses a qualitative method with a descriptive evaluative approach. The informants in this study are the 10th and 11th-grade PAI teachers, and the 10th and 11th-grade students. Data collection techniques in this study include documentation study, video call observation, and interviews. The results of this study are reviewed from three aspects of the CIPP model: Input Aspect, which evaluates lesson planning, with results showing that the 10th-grade PAI teacher is competent for meeting 3 out of 5 pedagogical competence indicators in the input aspect, while the 11th-grade teacher is fairly competent for meeting 2 out of 5 indicators. The Process Aspect evaluates the ability to conduct teaching, with results indicating that the 10th-grade teacher is competent for meeting 3 out of 4 pedagogical competence indicators in the process aspect, while the 11th-grade teacher is fairly competent for meeting 2 out of 4 indicators. The Product Aspect evaluates the ability to assess learning outcomes, with results showing that the 10th-grade teacher is fairly competent for meeting 1 out of 3 pedagogical competence indicators in the product aspect, whereas the 11th-grade teacher is less competent because there was no commitment to implement what was written in the module.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Additional Information: | 1). Dr. Amaliyah, M.A. ; 2). Yusuf Ismail, S.Ag., M.Hum |
Subjects: | Pendidikan > Kualifikasi dan Profesionalitas Guru |
Divisions: | FIS > S1 Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Users 23786 not found. |
Date Deposited: | 27 Jul 2024 06:21 |
Last Modified: | 27 Jul 2024 06:21 |
URI: | http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46676 |
Actions (login required)
View Item |