PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN BAGI KELAS XI SMK 1 PERGURUAN CIKINI

SARI SETIAYUK, . (2024) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 2D PADA MATA PELAJARAN DESAIN GRAFIS PERCETAKAN BAGI KELAS XI SMK 1 PERGURUAN CIKINI. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (676kB)
[img] Text
Bab 1.pdf

Download (472kB)
[img] Text
Bab 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (456kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (535kB) | Request a copy
[img] Text
Bab 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
Bab 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (203kB) | Request a copy
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (217kB)
[img] Text
Lampiran.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pembelajaran animasi 2D dengan menggunakan aspek multimedia seperti ilustrasi dan narasi sebagai media alternatif pada jurusan Multimedia, SMK 1 Perguruan Cikini. Pengembangan media pembelajaran ini menggunakan metode (MDLC) Luther Sutopo dan prinsip multimedia yang menghasilkan tiga video pembelajaran dengan masing-masing durasi untuk materi Desain Grafis dan Nirmana (11 menit 42 detik), materi Menganalisis Ilmu Fotografi (10 menit 18 detik), dan materi Memahami Jenis-jenis Kamera dan Alat Bantu Fotografi (9 menit 23 detik). Pengujian kelayakan pada produk video pembelajaran ini dilakukan oleh tim ahli dan 15 responden dengan hasil akhir tingkat kelayakan produk sebesar “95,3%” untuk video dengan materi Desain Grafis dan Nirmana, sedangkan untuk video pembelajaran dengan materi Menganalisis Ilmu Fotografi mendapatkan “93,1%” serta untuk video pembelajaran dengan materi Memahami Jenis-jenis Kamera dan Alat Bantu Fotografi mendapatkan hasil akhir uji kelayakan sebesar “93,4%”. Ketiga hasil akhir uji kelayakan untuk ketiga produk video pembelajaran, masuk ke dalam kategori “Sangat Baik”. Sehingga ketiga produk video dapat dinyatakan layak sebagai media pembelajaran. ***** This research aimed to develop learning media based on 2D animated learning videos using multimedia aspects such as illustrations and narration as alternative media in the Multimedia department, SMK 1 Perguruan Cikini. The development of this learning media used Luther Sutopo's (MDLC) method and multimedia principles which produced three learning videos with each duration for Graphic Design and Nirmana material (11 minutes 42 seconds), Analyzing Photography Science material (10 minutes 18 seconds), and Understanding Types of Cameras and Photography Aids material (9 minutes 23 seconds). Feasibility testing on this learning video product was carried out by a team of experts and 15 respondents with the final result being that the product feasibility level was "95.3%" for the video with Graphic Design and Nirmana material, while for the learning video with the material Analyzing Photography Science it got "93.1%” and for the learning video with the material Understanding Types of Cameras and Photography Aids, the final feasibility test result was “93.4%”. The three final results of the feasibility test for the three learning video products were in the "Very Good" category. So that the three video products can be declared suitable as learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Z.E. Ferdi Fauzan Putra,S.Pd, M.Pd.T. ; 2). Irma Permata Sari,S.Pd., M.Eng.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Komputer
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Informatika Komputer
Depositing User: Sari Setiayuk .
Date Deposited: 26 Jul 2024 04:46
Last Modified: 26 Jul 2024 04:46
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46687

Actions (login required)

View Item View Item