PENGARUH PEMILIHAN LOKASI.USAHA TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KEDAI KOPI DI KECAMATAN KEBON JERUK

NINDA AININ ALIFIO, . (2024) PENGARUH PEMILIHAN LOKASI.USAHA TERHADAP PENDAPATAN USAHA MIKRO KEDAI KOPI DI KECAMATAN KEBON JERUK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
cover repository.pdf

Download (4MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (192kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (290kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (692kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (105kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (175kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh faktor pemilihan lokasi usaha terhadap usaha mikro kedai kopi di Kecamatan Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Metodologi yang digunakan pada penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan desain penelitian asosiatif kausal yang mencari hubungan antara dua variabel atau lebih. Begitu pula dalam penelitian ini yang mencari hubungan antara variabel bebas dengan variabel terikat. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan melalui studi pustaka, dokumentasi dan kuesioner yang ditujukan kepada 35 (tiga puluh lima) pengelola usaha mikro kedai kopi di Kecamatan kebon Jeruk. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi berganda yang berguna untuk menguji kuatnya hubungan antara variabel bebas (variabel X); aksesibilitas (X1), visibilitas (X2) , lingkungan usaha (X3), persaingan usaha (X4) dengan variabel terikat (Y) ); pendapatan usaha mikro kedai kopi (Y). Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 4 (empat) variabel faktor pemilihan lokasi, terdapat tiga faktor yang memiliki nilai siginifikansi lebih dari 0.05 dan berpengaruh secara parsial terhadap pendapatan usaha mikro kedai kopi yaitu; variabel aksebilitas dengan nilai sigifikansi sebesar 0.000, variabel lingkungan usaha dengan nilai signifikansi sebesar 0.012 dan variabel persaingan usaha dengan nilai signifikansi sebesar 0,000. Penelitian ini didapatkan nilai Adjusted R Square atau koefisien determinasi (R²) sebesar 0,828, maka variabel independen (aksebilitas, visibilitas, lingkungan usaha, dan persaingan usaha) memberikan kontribusi sebesar 82,8% terhadap variabel dependen (pendapatan), serta mendapatkan nilai R sebesar 0,924, yang menunjukkan adanya hubungan yang sangat kuat antara variabel bebas (aksesibilitas, visibilitas, lingkungan usaha, dan persaingan usaha) dan variabel terikat (pendapatan). Hasil uji stimultan menyatakan bahwa semua variabel independen yaitu aksebilitas, visibilitas, lingkungan usaha dan persaingan usaha berpengaruh signifikan secara simultan (bersama-sama) terhadap pendapatan usaha mikro kedai kopi di Kecamatan Kebon Jeruk. ***** This study aims to determine the influence of business location selection factors on coffee shop micro businesses in Kebon Jeruk District, West Jakarta. The methodology used in this study is a quantitative research with a causal associative research design that seeks relationships between two or more variables. Likewise, in this study, we are looking for a relationship between independent variables and bound variables. The data collection technique in this study was carried out through literature studies, documentation and questionnaires aimed at 35 (thirty-five) coffee shop micro business managers in Kebon Jeruk District. The analysis technique used in this study is multiple regression analysis which is useful to test the strength of the relationship between independent variables (variable X); accessibility (X1), visibility (X2), business environment (X3), business competition (X4) with bound variables (Y); coffee shop micro business income (Y). The results of the study show that of the 4 (empat) variables of location selection factors, there are three factors that have a significance value of more than 0.05 and have a partial effect on the income of coffee shop micro businesses, namely; Accessibility variable with a significance value of 0.000, business environment variable with a significance value of 0.012 and business competition variable with a significance value of 0.000. This study obtained an Adjusted R Square value or determination coefficient (R²) of 0.828, so the independent variables (accessibility, visibility, business environment, and business competition) contributed 82.8% to the dependent variable (revenue), and obtained an R value of 0.924, which shows a very strong relationship between the independent variable (accessibility, visibility, business environment, and business competition) and the bound variable (income). The results of the stimulant test stated that all independent variables, namely accessibility, visibility, business environment and business competition, had a significant effect simultaneously (together) on the income of micro coffee shops in Kebon Jeruk District.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Ode Sofyan Hardi, S.Pd., M.Si., M.Pd. ; 2). Sony Nugratama Hijrawadi, S.Pd., M.Si.,
Subjects: Geografi, Antropologi > Geografi
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Ilmu Sosial > Kewirausahaan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Geografi
Depositing User: Users 23729 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:19
Last Modified: 29 Jul 2024 05:19
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46722

Actions (login required)

View Item View Item