IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL QUR'AN DI SDI AL AZHAR 13 RAWAMANGUN

FAUZ ZHORIF IZZUDIN, . (2024) IMPLEMENTASI METODE UMMI DALAM MEMBACA DAN MENGHAFAL AL QUR'AN DI SDI AL AZHAR 13 RAWAMANGUN. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (769kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (281kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (340kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (223kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (201kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seiring berkembangnya zaman dan kenyataannya, banyak umat islam yang hanya mampu membaca Al Qur'an tanpa memerhatikan aturan tajwid. Hal tersebut bukan hanya terjadi pada kalangan umat islam awam saja, akan tetapi juga pada pelajar, kaum intelektual, dan tokoh agama. Fakta ini menunjukkan bahwa umat islam perlu belajar Al Qur'an dengan benar. Dalam hal ini minat membaca Al Qur’an merupakan penanaman nilai-nilai keagamaan pada masa anak-anak didalam pendidikan islam. Teknik imitasi merupakan Teknik yang tepat dimana para orang tua akan memberikan contoh. Menghafal qur’an adalah salah satu cara mengenal islam dengan baik. Menghafalkan Al Qur’an pada hakikatnya yaitu suatu upaya seseorang untuk menambahkan kedekatannya dengan Al Qur’an. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan tiga tahapan, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil temuan dan pengamatan yang dilakukan oleh peneliti, bahwasanya implementasi atau penerapan metode Ummidi SDI Al Azhar 13 Rawamangun telah terlaksana dengan cukup baik. Pelaksanaan pembelajaran Al Qur’an dengan menggunakan metode Ummi sudah diterapkan sesuai standar sistem yang diajukan oleh Ummi Foundation. Penerapan pembelajaran Al Qur’an dengan menggunakan metode Ummi di SDI Al Azhar 13 Rawamangun dilaksanakan melalui 7 tahapan proses pembelajaran, yaitu kegiatan pendahuluan, kegiatan apersepsi, kegiatan penanaman konsep, kegiatan pemahaman konsep, kegiatan latihan atau keterampilan, kegiatan evaluasi, dan kegiatan penutup. Pembelajaran Al Qur’an di SDI Al Azhar 13 Rawamangun dilaksanakan setiap hari dari hari Senin sampai dengan hari Jum’at. Dalam proses pembelajarannya guru metode Ummi di SDI Al Azhar 13 Rawamangun hanya mengikuti instruksi modul dari Ummi Foundation. Selain itu guru juga harus menguasai materi dari metode Ummi sebelum mengajar di kelas serta mempersiapkan media pembelajarannya seperti alat peraga agar memudahkan siswa untuk memahami materi yang diberikan. Dalam pelaksanaan menghafal Al Qur’an bertujuan untuk membentuk keterampilan menghafal Al Qur’an yang kuat dan konsisten, meningkatkan pemahaman mendalam terhadap Al Qur’an, serta menanamkan nilai-nilai spiritual dan kebiasaan yang baik dalam diri siswa. Metode Ummi juga mengedepankan struktur yang jelas, proses yang bertahap, dan fleksibilitas dalam pembelajaran yang membantu siswa belajar secara efektif dan efisien. ***** This research is motivated by the problem that, with the passage of time, many Muslims can only read the Qur'an without paying attention to the rules of tajweed. This issue is not limited to the general Muslim population but also affects students, intellectuals, and religious figures. This fact indicates that Muslims need to learn the Qur'an correctly. In this context, interest in reading the Qur'an represents the inculcation of religious values in children within Islamic education. The imitation technique is an appropriate method where parents provide examples.Memorizing the Qur'an is one way to know Islam well. Essentially, memorizing the Qur'an is an effort to increase one's closeness to the Qur'an. This type of research uses a descriptive qualitative research method. Data collection techniques include observation, interviews, and documentation studies. Data analysis is carried out in three stages: data reduction, data presentation, and conclusion drawing. Based on the findings and observations made by the researcher, the implementation of the Ummi method at SDI Al Azhar 13 Rawamangun has been carried out quite well. The teaching of the Qur'an using the Ummi method has been implemented according to the system standards proposed by the Ummi Foundation. The teaching of the Qur'an using the Ummi method at SDI Al Azhar 13 Rawamangun is carried out through seven stages of the learning process: preliminary activities, apperception activities, concept planting activities, concept understanding activities, practice or skill activities, evaluation activities, and closing activities. Qur'an learning at SDI Al Azhar 13 Rawamangun is conducted daily from Monday to Friday. In the learning process, the Ummi method teachers at SDI Al Azhar 13 Rawamangun follow the module instructions from the Ummi Foundation. In addition, teachers must master the Ummi method material before teaching in the classroom and prepare learning media such as teaching aids to facilitate students' understanding of the material provided. The implementation of memorizing the Qur'an aims to develop strong and consistent Qur'an memorization skills, enhance deep understanding of the Qur'an, and instill spiritual values and good habits in students. The Ummi method also emphasizes a clear structure, a gradual process, and flexibility in learning, which helps students learn effectively and efficiently.. Keywords: Ummi Method, Reading and Memorizing the Qur'an.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Abdul Fadhil, S.Ag, M.Ag. ; 2). Dr. Sari Narulita, M.Si
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Filsafat, Psikologi & Agama > Alquran dan Kumpulan Karya Islam
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23789 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2024 01:12
Last Modified: 27 Jul 2024 01:12
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46739

Actions (login required)

View Item View Item