PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMUNIKASI NONVERBAL ANAK DOWN SYNDROME PADA TOILET TRAINING

NURUL ISHLAHIYAH, . (2024) PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA FLASH CARD TERHADAP KOMUNIKASI NONVERBAL ANAK DOWN SYNDROME PADA TOILET TRAINING. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (311kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (598kB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (499kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (490kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (273kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (300kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan media flash card terhadap kemampuan komunikasi nonverbal anak down syndrome. Penelitian ini menggunakan metode penelitian Single Subject Research (SSR) yang terdiri dari tiga fase, yaitu: Fase Baseline 1 (A1), Fase Intervensi (B), dan Fase Baseline 2 (A2). Subyek penelitian yaitu peserta didik down syndrome yang berjumlah 1 orang. Data yang digunakan ialah instrumen berupa tes, tes yang diberikan yaitu: tes sebelum diterapkannya penggunaan media flash card, tes saat diterapkannya penggunaan media flash card dan tes setelah diterapkannya penggunaan media flash card. Hasil tes kemampuan komunikasi nonverbal pada fase baseline 1 (A1) persentase stabilitas yang diperoleh subjek menunjukkan data skor sebesar 100%, sedangkan pada intervensi dengan menggunakan media flash card menunjukkan data skor sebesar 88%, kemudian pada fase baseline 2 (A2) data skor yang ditunjukkan sebesar 100%. Hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penggunaan media flash card dapat berpengaruh terhadap kemampuan komunikasi nonverbal anak down syndrome pada toilet training. ***** This research intends to determine the impact of using flash card media on the nonverbal communication abilities of children with Down syndrome. This research uses the Single Subject Research (SSR) research method which consists of three phases: Baseline Phase 1 (A1), Intervention Phase (B), and Baseline Phase 2 (A2). The research subjects included one student with down syndrome. The data used is an instrument in the form of tests, the tests given are: tests before the use of flash card media, tests when the use of flash card media, and tests after the use of flash card media. The results of the nonverbal communication ability test in baseline phase 1 (A1) showed that the percentage of stability obtained by the subject showed score data of 100%, while in the intervention using flash card media the score data showed 88%, then in baseline phase 2 (A2) the score data was shown as 100%. The results of this research show that the use of flash card media can impact to the nonverbal communication abilities of down syndrome in toilet training activities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Indra Jaya, M.Pd. ; 2). Dr. Trisna Mulyeni, M.Sc.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 23259 not found.
Date Deposited: 12 Aug 2024 05:54
Last Modified: 12 Aug 2024 05:54
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46785

Actions (login required)

View Item View Item