PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT INSAN MANDIRI CIBUBUR

MUTIAH, . (2024) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DIFERENSIASI PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMPIT INSAN MANDIRI CIBUBUR. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (399kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (635kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (193kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (277kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (215kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penerapan model pembelajaran diferensiasi Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Insan Mandiri Cibubur. Model pembelajaran diferensiasi adalah model yang memperhatikan keberagaman karakteristik dan kebutuhan siswa dalam belajar. Dalam penelitian ini, metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Orang-orang yang terlibat dalam penelitian ini adalah guru Pendidikan Agama Islam, dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran diferensiasi Pada Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPIT Insan Mandiri Cibubur sudah dilaksanakan dengan baik. Guru telah menyesuaikan isi, proses, dan hasil pembelajaran sesuai dengan keberagaman karakteristik dan kebutuhan siswa. Guru juga memberikan bimbingan dan umpan balik yang sesuai untuk membantu siswa belajar. Kendala yang dihadapi adalah keterbatasan sumber belajar dan media pembelajaran. Upaya yang dilakukan adalah menggunakan sumber belajar alternatif dan mengembangkan media pembelajaran berbasis teknologi. ***** This skripsi discusses the implementation of the differentiated instruction model in Islamic Religious Education lessons at SMPIT Insan Mandiri Cibubur. The differentiated instruction model is a model that pays attention to the diversity of student characteristics and learning needs. The type of research used is qualitative research with a descriptive qualitative approach. Data was collected through observation, interviews, and document analysis. The people involved in this research are the Islamic Religious Education teachers and students. The research results that the implementation of the differentiated instruction model in Islamic Religious Education lessons at SMPIT Insan Mandiri Cibubur has been carried out well. Teachers have adjusted the content, process, and learning outcomes according to the diversity of student characteristics and needs. Teachers also provide appropriate scaffolding and feedback to facilitate student learning. The challenges faced are the limited learning resources and learning media. The efforts made are to utilize alternative learning resources and develop technology-based learning media.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Firdaus Wajdi, S.Th.I., M.A., Ph.D. ; 2). Suci Nurpratiwi, M,Pd.
Subjects: Karya Umum > Karya Tulis Perguruan TInggi
Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23298 not found.
Date Deposited: 27 Jul 2024 06:27
Last Modified: 27 Jul 2024 06:27
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46863

Actions (login required)

View Item View Item