ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN SOFTWARE AUTO CAD DENGAN SOFTWARE MICROSOFT VISIO

RIFKY FATUR ROHMAN, . (2024) ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN SOFTWARE AUTO CAD DENGAN SOFTWARE MICROSOFT VISIO. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (930kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (208kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (234kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (323kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (127kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (252kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Rifky Fatur Rohman, ANALISIS PERBANDINGAN HASIL BELAJAR MATA KULIAH GAMBAR TEKNIK DITINJAU DARI METODE PEMBELAJARAN SOFTWARE AUTO CAD DENGAN SOFTWARE MICROSOFT VISIO. Dosen Pembimbing: Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd., dan Dr. Faried Wadjdi, M.Pd Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengetahui perbedaan hasil belajar mata kuliah Gambar Teknik software Auto CAD dengan software Microsoft Visio pada mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan jenis Quasi Experimental Design menggunakan Nonequivalent Control Grup Design. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan simple random sampling dengan populasi berjumlah 55 mahasiswa dan sampel berjumlah 40 mahasiswa Pendidikan Teknik Elektro. Pengumpulan data menggunakan instrument tes. Tes yang dilakukan berupa pretest untuk mendapatkan hasil belajar sebelum diberikan sebuah treatment, dan posttest untuk mendapatkan hasil belajar sesudah diberikan sebuah treatment. Pengujian validitas dan reabilitas instrumen menggunakan koefisien korelasi poin Biserial dan Alpha Crobach. Uji prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan homogenitas, selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan Pearson Product Moment serta uji-t. Hasil penelitian menunjukkan: Tidak terdapat perbedaan hasil belajar mata kuliah gambar teknik pada kedua kelas yaitu kelas eksperimen (Microsoft Visio) dan kelas kontrol (Auto CAD). Dengan diperoleh nilai rata-rata posttest pada kelas eksperimen (Microsoft Visio) yaitu sebesar 76,95, sedangkan pada kelas kontrol (Auto CAD) sebesar 76,00. Kata kunci: Gambar Teknik, Auto CAD, Microsoft Visio*****Rifky Fatur Rohman, ANALYSIS OF THE COMPARISON OF STUDY RESULTS IN ENGINEERING DRAWING MEASURES REVIEWED FROM THE LEARNING METHOD OF AUTO CAD SOFTWARE WITH MICROSOFT VISIO SOFTWARE. Supervisor: Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd., and Dr. Faried Wadjdi, M.Pd. The objectives of this study are to: To find out the difference in learning outcomes of Engineering Drawing course between Auto CAD software and Microsoft Visio software for Electrical Engineering Education students. This research is a quantitative research with a Quasi Experimental Design type approach using Nonequivalent Control Group Design. The sampling technique used simple random sampling with a population of 55 students and a sample of 40 Electrical Engineering Education students. Data collection using test instruments. The test was conducted in the form of a pretest to obtain learning outcomes before being given a treatment, and a posttest to obtain learning outcomes after being given a treatment. Testing the validity and reliability of the instrument using the Biserial point correlation coefficient and Alpha Crobach. The analysis prerequisite test uses normality and homogeneity tests, then will be analyzed using Pearson Product Moment and t-test. The results showed: There are no differences in learning outcomes of technical drawing courses in both classes, namely the experimental class (Microsoft Visio) and the control class (Auto CAD). With the average posttest value obtained in the experimental class (Microsoft Visio) which is 76,95, while in the control class (Auto CAD) it is 76,00. Keywords: Engineering Drawing, Auto CAD, Microsoft Visio

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof Dr. Soeprijanto, M.Pd. 2). Dr. Faried Wadjdi, M.PD., MM
Subjects: Pendidikan > Teori, Penelitian Pendidikan
Pendidikan > Media Pembelajaran
Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Elektronika
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 23449 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 05:09
Last Modified: 30 Jul 2024 05:09
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46928

Actions (login required)

View Item View Item