PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KAHOOT TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA

ZIRLY AZMY, . (2024) PENGARUH MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF KAHOOT TERHADAP ANTUSIASME BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (673kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (261kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (431kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (565kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (235kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (253kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menguji pengaruh media pembelajaran interaktif Kahoot terhadap antusiasme belajar peserta didik pada Mata Pelajaran Pendidikan Pancasila di SMP Negeri 252 Jakarta pada tahun ajaran 2023/2024. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini ialah kuantitatif dengan metode kuasi eksperimen dan menerapkan desain pre-test and post-test control group. Penelitian ini berlokasi di SMP Negeri 252 Jakarta dengan populasi kelas VII sebanyak 280 siswa. Sampel pada penelitian ini sebanyak 64 orang yang terdiri dari dua kelas, yaitu kelas VII E sebagai kelas kontrol dan VII G sebagai kelas eksperimen. Sampel ini diperoleh dari penerapan teknik probability sampling dengan jenis simple random sampling. Data antusiasme belajar peserta didik diperoleh melalui instrumen angket. Uji persyaratan analisis yang dilakukan adalah dengan menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Hasil dari uji normalitas kelas kontrol diperoleh nilai signifikan 0,200 > 0,05 dan kelas eksperimen diperoleh nilai signifikan 0,200 > 0,05, dengan demikian dinyatakan data tersebut berdistribusi normal. Kemudian uji homogenitas dengan melihat nilai signifikansi pada based on mean senilai 0,097 > 0,05, maka dinyatakan data dua kelompok tersebut memiliki varians homogen Berdasarkan hasil pengujian hipotesis dengan melihat nilai signifikansi pada uji Independent Sample T-Test dan nilai alpha sebesar 0,05. Nilai signifikansi yang diperoleh ialah sebesar 0,001 yang berarti kurang dari 0,05 (< 0,05). Berdasarkan hasil tersebut, maka diperoleh keputusan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak. Sehingga, kesimpulan penelitian ini ialah terdapat pengaruh dari media pembelajaran interaktif Kahoot terhadap antusiasme belajar peserta didik. Berdasarkan perhitungan effect size dengan rumus Cohen’s, diperoleh besaran pengaruh sebesar 0,871 yang terkategori besar (large). ***** This study aims to examine the effect of Kahoot interactive learning media on students' learning enthusiasm in Pancasila Education subjects at SMP Negeri 252 Jakarta in the 2023/2024 academic year. The approach used in this research is quantitative with quasi-experimental method and applying pre-test and post-test control group design. This research was located at SMP Negeri 252 Jakarta with a population of class VII of 280 students. The sample in this study was 64 people consisting of two classes, namely class VII E as the control class and VII G as the experimental class. This sample was obtained from the application of probability sampling technique with simple random sampling type. Data on students' learning enthusiasm was obtained through a questionnaire instrument. The analysis requirements test carried out is to use the normality test and homogeneity test. The results of the normality test for the control class obtained a significant value of 0.200> 0.05 and the experimental class obtained a significant value of 0.200> 0.05, thus the data was declared normally distributed. Then the homogeneity test by looking at the significance value on the based on mean is 0.097> 0.05, so it is stated that the data of the two groups has a homogeneous variance. Based on the results of hypothesis testing by looking at the significance value in the Independent Sample T-Test test and the alpha value of 0.05. The significance value obtained is 0.001 which means less than 0.05 (<0.05). Based on these results, the decision was obtained that Ha was accepted and Ho was rejected. Thus, the conclusion of this study is that there is an effect of Kahoot interactive learning media on students' learning enthusiasm. Based on the calculation of effect size with Cohen's formula, the effect size is 0.871 which is categorized as large.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Dr. Raharjo, M.Si. ; 2). Fauzi Abdillah, S.Pd., M.Pd.
Subjects: Pendidikan > Media Pembelajaran
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22738 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:08
Last Modified: 29 Jul 2024 05:08
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/46951

Actions (login required)

View Item View Item