PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBRANG JALAN MENGGUNAKAN PELICAN CROSSING PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS IX DI SLB C DHARMA ASIH DEPOK

RIZKY AKBAR, . (2024) PENERAPAN METODE DRILL UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYEBRANG JALAN MENGGUNAKAN PELICAN CROSSING PADA SISWA HAMBATAN INTELEKTUAL KELAS IX DI SLB C DHARMA ASIH DEPOK. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (834kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (370kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (459kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (544kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (577kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Rizky Akbar (2024), Penerapan Metode Drill Untuk Meningkatkan Kemampuan Menyebrang Jalan Menggunakan Pelican Crossing Pada Siswa Hambatan Intelektual Kelas IX SLB C Dharma Asih Depok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode drill dapat meningkatkan kemampuan menyebrang jalan menggunakan pelican crossing pada siswa hambatan intelektual kelas IX SLB C Dharma Asih Depok. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan Februari 2024 sampai bulan Juni 2024 dengan subyek penelitian siswa kelas IX SLB C Dharma Asih sebanyak 4 anak. Fokus penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan menyebrang jalan menggunakan pelican crossing dengan menggunakan metode drill pada siswa hambatan intelektual kelas IX SLB C Dharma Asih Depok. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak 2 siklus. Setiap siklus menggunakan prosedur tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan perhitungan belajar tuntas yang menghasilkan peningkatan persentase hasil belajar. Peneliti telah menetapkan kriteria ketuntasan, sebelum melakukan tindakan siklus I, penulis mengadakan pretes untuk memperoleh data awal. Dari hasil pretes untuk kemampuan anak mengenal langkah-langkah dan cara yang harus dilakukan untuk menjaga keselamatan diri masih mengalami kesulitan dalam kemampuan menyebrang jalan. Setelah dilakukan penelitian tindakan kelas pada akhir siklus II diperoleh data bahwa semua subyek penelitian telah mengalami peningkatan dalam mengenal dan memahami bagaimana caraa menjaga keselamatan diri pada saat menybrang jalan menggunakan pelican crossing, seluruh subjek telah memenuhi kriteria ketuntasan. Kesimpulan dari hasil penelitian ini adalah metode drill dapat meningkatkan kemampuan menyebrang jalan menggunakan pelican crossing pada siswa hambatan intelektual di kelas IX SLB C Dharma Asih Depok ***** Rizky Akbar (2024), Application of the Drill Method to Improve the Ability to Cross the Road Using Pelican Crossing for Students with Intellectual Disability Class IX SLB C Dharma Asih Depok Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dengan metode bermain peran his research aims to find out whether the drill method can improve the ability to cross the road using pelican crossing in class IX students with intellectual disabilities at SLB C Dharma Asih Depok. This research was carried out from February 2024 to June 2024 with research subjects of class IX SLB C Dharma Asih students as 4 children. The focus of this research is to improve the ability to cross the road using pelican crossing using the drill method for students with intellectual disabilities in class IX SLB C Dharma Asih Depok. This research was carried out in 2 cycles. Each cycle uses action procedures, namely action planning, action implementation, observation and reflection. Data analysis in this research uses a complete learning calculation which results in an increase in the percentage of learning outcomes. The researcher has determined the criteria for completeness, before carrying out the first cycle of action, the author conducted a pretest to obtain initial data. From the results of the pre-test regarding the child's ability to recognize the steps and methods that must be taken to maintain personal safety, they still experience difficulties in their ability to cross the road. After conducting classroom action research at the end of cycle II, data was obtained that all research subjects had experienced an increase in knowing and understanding how to maintain personal safety when crossing the road using a pelican crossing, all subjects had met the completeness criteria. The conclusion from the results of this research is that the drill method can improve the ability to cross the road using pelican crossing for students with intellectual disabilities in class IX SLB C Dharma Asih Depok

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). DR. INDRA JAYA, M.PD.; 2). DR. M. ARIF TABOER, M.PD
Subjects: Pendidikan > Pendidikan Khusus
Divisions: FIP > S1 Pendidikan Luar Biasa
Depositing User: Users 23246 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 05:04
Last Modified: 29 Jul 2024 05:04
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47030

Actions (login required)

View Item View Item