PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 55 JAKARTA

MUHAMMAD SADAM RIZKYLILLAH, . (2024) PENGEMBANGAN INSTRUMEN EVALUASI PEMBELAJARAN MODEL PROJECT-BASED LEARNING UNTUK PEMBELAJARAN INSTALASI TENAGA LISTRIK DI SMKN 55 JAKARTA. Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (854kB)
[img] Text
BAB I.pdf

Download (424kB)
[img] Text
BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[img] Text
BAB III.pdf
Restricted to Registered users only

Download (631kB) | Request a copy
[img] Text
BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (782kB) | Request a copy
[img] Text
BAB V.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (342kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Project-based learning (PjBL) adalah suatu model pembelajaran yang memungkinkan peserta didik SMK untuk memahami materi secara menyeluruh dengan mengaitkannya terhadap kehidupan sehari-hari melalui proyek dalam kelompok. Namun, pengimplementasian PjBL di SMK pada saat ini belum sepenuhnya mencerminkan potensi keunggulan yang terdapat dalam pendekatan tersebut. Evaluasi pembelajaran model PjBL yang ada saat ini belum dapat mengevaluasi keterampilan peserta didik SMK secara menyeluruh, terutama keterampilan 4C. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan instrumen evaluasi project-based learning berdasarkan sintak PjBL dan keterampilan 4C pada pembelajaran instalasi tenaga listrik di SMKN 55 Jakarta serta menguji validitas dan reliabilitasnya, sebagai upaya meningkatkan keterampilan lulusan SMK melalui PjBL. Pengembangan instrumen evaluasi ini dilakukan berdasarkan model penelitian pengembangan Borg & Gall dengan penyederhanaan hingga 6 tahap dan model pengembangan instrumen Borich. Data dikumpulkan melalui validasi ahli menggunakan angket validasi (non empiris) dan uji coba small group test instrumen (empiris). Hasil penelitian menunjukkan instrumen evaluasi yang dikembangkan secara non empiris memperoleh hasil sangat tinggi dengan validitas isi 0,81, validitas konstruk bahasa dengan median 6 – 7, validitas konstruk evaluasi pembelajaran dengan median 6 – 7, dan reliabilitas 0,918. Secara empiris memperoleh reliabilitas rata-rata untuk teacher assessment, peer assessment, dan self assessment di atas 0,90 (sangat tinggi) dan validitas menunjukkan beberapa butir instrumen perlu uji coba dan analisis faktor lebih lanjut. Sehingga, dapat dikatakan instrumen evaluasi yang dikembangkan sudah layak dan dapat digunakan untuk mengevaluasi keterampilan 4C peserta didik di setiap tahapan sintak PjBL dalam pembelajaran instalasi tenaga listrik di SMKN 55 Jakarta. ************************************************************ Project-based learning (PjBL) is a learning model that allows vocational school students to understand the material thoroughly by relating it to daily life through projects in groups. However, the implementation of PjBL in vocational schools at this time has not fully reflected the potential advantages contained in this approach. The current PjBL model learning evaluation has not been able to evaluate the skills of vocational school students comprehensively, especially 4C skills. This research is a development research that aims to develop a project-based learning evaluation instrument based on PjBL syntax and 4C skills in learning electrical power installations at SMKN 55 Jakarta and test its validity and reliability, as an effort to improve the skills of vocational school graduates through PjBL. stages and models of development of the Borich instrument. Data was collected through expert validation using validation questionnaires (non-empirical) and small group test instrument trials (empirical). The results of the study showed that the evaluation instrument developed non-empirically obtained very high results with a content validity of 0.81, the validity of the language construct with a median of 6 – 7, the validity of the learning evaluation construct with a median of 6 – 7, and the reliability of 0.918. Empirically, the average reliability for teacher assessment, peer assessment, and self-assessment is above 0.90 (very high) and the validity shows that some instruments need further testing and factor analysis. Thus, it can be said that the evaluation instrument developed is feasible and can be used to evaluate the 4C skills of students at each stage of the PjBL syntax in learning electrical power installation at SMKN 55 Jakarta.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Soeprijanto, M.Pd. 2). Dr. Muksin, M.Pd.
Subjects: Teknologi dan Ilmu Terapan > Teknik Energi > Energi Listrik
Pendidikan > Pendidikan Kejuruan dan Sekolah Kejuruan
Divisions: FT > S1 Pendidikan Teknik Elektro
Depositing User: Users 23823 not found.
Date Deposited: 29 Jul 2024 03:11
Last Modified: 29 Jul 2024 03:11
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47088

Actions (login required)

View Item View Item