KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMPERKUAT NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME (STUDI SMA NEGERI 14 JAKARTA)

HERNAWATI, . (2024) KONTRIBUSI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI DALAM MEMPERKUAT NILAI-NILAI MULTIKULTURALISME (STUDI SMA NEGERI 14 JAKARTA). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
Cover.pdf

Download (478kB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (250kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (303kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (211kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (510kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (229kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (263kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Konflik terkait Multikultural masih bersifat aktif karena adanya dominasi satu kelompok terhadap yang lain, terutama dalam konteks Indonesia yang mengenal adanya mayoritas dan minoritas berdasarkan suku dan agama. Pendidikan Agama Islam (PAI) selaras dengan Pendidikan Multikultural dan menjadi sumber nilai untuk multikulturalisme karena dalam PAI diajarkan mengenai konsep keragaman. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis kontribusi Pendidikan Agama Islam dalam Memperkuat Nilai-Nilai Multikulturalisme di SMA Negeri 14 Jakarta. Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif dengan metode deskriptif analitis. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, kuesioner, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi yang cukup signifikan dalam penguatan nilai-nilai multikulturalisme pada siswa, terutama dalam penguatan sikap toleransi. Penguatan nilai-nilai multikulturalisme dilakukan melalui integrasi materi pembelajaran (content integration). Sikap toleransi siswa ditunjukkan dengan berteman baik dengan teman yang berbeda agama, bekerja sama tanpa memandang latar belakang sosial, kemampuan berkomunikasi yang baik dengan teman-teman yang berbeda agama, dan penerimaan terhadap pendapat yang berbeda. Kontribusi PAI cukup signifikan terhadap penguatan nilai empati. Sikap empati siswa dilakukan dengan tindakan membantu teman yang kesulitan dalam mengerjakan tugas, menghibur teman yang bersedih, mendengarkan cerita teman dengan penuh perhatian, memberikan semangat dan dukungan, serta menjaga kebersihan lingkungan. Adapun pembiasaan infak turut berperan dalam penguatan sikap empati siswa. Kontribusi PAI kurang signifikan dalam penguatan sikap solidaritas. Penguatan solidaritas dilakukan melalui kegiatan diskusi kelompok dan kegiatan praktik seperti simulasi akad nikah. Sikap solidaritas siswa terlihat dalam bekerja sama yang baik dalam mengerjakan tugas kelompok, bersama-sama membersihkan kelas, saling mendukung dalam lomba antar kelas, dan menyelesaikan proyek P5 bersama-sama. Solidaritas siswa lebih banyak dibentuk melalui kegiatan di luar kelas, seperti P5 (Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila), kegiatan ekstrakurikuler, dan pada mata pelajaran lain. ***** Conflicts related to multiculturalism remain active due to the dominance of one group over another, especially in the context of Indonesia, which recognizes the existence of majority and minority groups based on ethnicity and religion. Islamic Religious Education (PAI) aligns with Multicultural Education and serves as a source of values for multiculturalism because PAI teaches the concept of diversity. This study aims to describe and analyze the contribution of Islamic Religious Education in strengthening multicultural values at SMA Negeri 14 Jakarta. The approach used is qualitative with a descriptive-analytical method. Data collection techniques include observation, interviews, questionnaires, and documentation. The study results show a significant contribution in strengthening multicultural values among students, particularly in reinforcing the attitude of tolerance. The strengthening of multicultural values is carried out through the integration of learning materials (content integration). Students' attitudes of tolerance are demonstrated by forming friendships with peers of different religions, collaborating without regard to social background, communicating effectively with friends of different religions, and accepting differing opinions. The contribution of PAI is quite significant in strengthening the value of empathy. Students' empathetic attitudes are shown through actions such as helping friends who are struggling with assignments, comforting friends who are sad, listening attentively to friends' stories, providing encouragement and support, and maintaining a clean environment. Additionally, the practice of charity (infak) also plays a role in strengthening students' empathetic attitudes. The contribution of PAI is less significant in reinforcing the attitude of solidarity. The strengthening of solidarity is carried out through group discussions and practical activities such as marriage contract simulations. Students' solidarity is demonstrated through good cooperation in completing group assignments, cleaning the classroom together, supporting each other in inter-class competitions, and completing P5 projects together. Students' solidarity is further formed through activities outside the classroom, such as P5 (Pancasila Student Profile Strengthening Project), extracurricular activities, in and other subjects.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1) Dr. Andy Hadiyanto, MA. ; 2) Dr. Amaliyah, MA.
Subjects: Filsafat, Psikologi & Agama > Islam (Ajaran Islam dan pendidikan Islam)
Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Pendidikan > Pendidikan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Users 23575 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 00:38
Last Modified: 30 Jul 2024 00:38
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47245

Actions (login required)

View Item View Item