HUBUNGAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG MATERI PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN (Studi Kuantitatif pada Mahasiswa PPKN FIS Universitas Negeri Jakarta)

RIVALDO SANJAYA, . (2024) HUBUNGAN PEMAHAMAN MAHASISWA TENTANG MATERI PENDIDIKAN KEPENDUDUKAN DAN LINGKUNGAN HIDUP DENGAN PERILAKU PEDULI LINGKUNGAN (Studi Kuantitatif pada Mahasiswa PPKN FIS Universitas Negeri Jakarta). Sarjana thesis, UNIVERSITAS NEGERI JAKARTA.

[img] Text
COVER.pdf

Download (1MB)
[img] Text
BAB 1.pdf

Download (307kB)
[img] Text
BAB 2.pdf
Restricted to Registered users only

Download (452kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 3.pdf
Restricted to Registered users only

Download (484kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 4.pdf
Restricted to Registered users only

Download (507kB) | Request a copy
[img] Text
BAB 5.pdf
Restricted to Registered users only

Download (261kB) | Request a copy
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (320kB)
[img] Text
LAMPIRAN.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian Hubungan Pemahaman Mahasiswa Tentang Materi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup Dengan Perilaku Peduli Lingkungan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara pemahaman mahasiswa tentang materi Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH) dengan perilaku peduli lingkungan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Sampel penelitian terdiri dari 110 mahasiswa Program Studi Pendidikan Kewarganegaraan (PPKN) di Fakultas Ilmu Sosial (FIS) Universitas Negeri Jakarta (UNJ) dengan rincian 30 sebagai uji coba dan 80 mahasiswa sebagai data utama. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner yang mengukur tingkat pemahaman materi PKLH dan perilaku peduli lingkungan mahasiswa. Analisis data menggunakan uji statistik, termasuk uji normalitas, uji linearitas, uji regresi linear sederhana, dan uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pemahaman materi PKLH dengan perilaku peduli lingkungan. Uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal dengan taraf signifikansi sebesar 0,200 > 0,05. Uji linearitas menunjukkan hubungan linear antara kedua variabel dengan nilai signifikansi Deviation from Linearity sebesar 0,726 > 0,05. Pengujian hipotesis melalui uji regresi linear sederhana menghasilkan nilai F_hitung = 47,976 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05, menunjukkan pengaruh signifikan pemahaman materi PKLH terhadap perilaku peduli lingkungan. Uji korelasi Pearson Product Moment menunjukkan nilai r_hitung lebih besar dari r_tabel, yaitu 0,617 > 0,220, yang menandakan hubungan positif antara pemahaman materi PKLH dengan perilaku peduli lingkungan. Selain itu, uji koefisien determinasi menunjukkan nilai R Square sebesar 0,381, yang berarti 38,1% variasi dalam perilaku peduli lingkungan dapat dijelaskan oleh pemahaman materi PKLH. Hasil ini memperlihatkan adanya hubungan positif dimana semakin tinggi pemahaman mahasiswa tentang materi PKLH, semakin tinggi pula tingkat perilaku peduli lingkungan yang ditunjukkan. ***** Research on the Relationship between Students' Understanding of Population and Environmental Education Material and Environmental Care Behavior. This research aims to see the relationship between students' understanding of Population and Environmental Education (PKLH) material and environmental care behavior. The method used in this research is a quantitative approach with a survey method. The research sample consisted of 110 students of the Citizenship Education Study Program (PPKN) at the Faculty of Social Sciences (FIS) Jakarta State University (UNJ) with details of 30 as a trial and 80 students as main data. Data collection was carried out through a questionnaire that measured the level of understanding of PKLH material and students' environmental care behavior. Data analysis uses statistical tests, including normality test, linearity test, simple linear regression test, and Pearson Product Moment correlation test. The research results show that there is a significant relationship between understanding PKLH material and environmental care behavior. The normality test shows that the data is normally distributed with a significance level of 0.200 > 0.05. The linearity test shows a linear relationship between the two variables with a significance value of Deviation from Linearity of 0.726 > 0.05. Hypothesis testing through a simple linear regression test produces a calculated F_value = 47.976 with a significance level of 0.000 < 0.05, indicating a significant influence of understanding PKLH material on environmental care behavior. The Pearson Product Moment correlation test shows that the calculated r_value is greater than r_table, namely 0.617 > 0.220, which indicates a positive relationship between understanding PKLH material and environmental care behavior. In addition, the coefficient of determination test shows an R Square value of 0.381, which means that 38.1% of the variation in environmental care behavior can be explained by understanding the PKLH material. These results show that there is a positive relationship where the higher a student's understanding of PKLH material, the higher the level of environmental care behavior shown.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Additional Information: 1). Prof. Dr. Achmad Husen, M.Pd. ; 2). Dr. Yuyus Kardiman, M.Pd
Subjects: Ilmu Sosial > Ilmu Sosial (Umum)
Ilmu Sosial > Demografi, Penduduk, Ilmu Kependudukan
Divisions: FIS > S1 Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan
Depositing User: Users 22600 not found.
Date Deposited: 30 Jul 2024 01:30
Last Modified: 30 Jul 2024 01:30
URI: http://repository.unj.ac.id/id/eprint/47293

Actions (login required)

View Item View Item